Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Digitalisasi Pembayaran Pasar, Pusat Perbelanjaan dan Wisata Budaya di Kaltim

Ini mendukung target nasional 15 juta pengguna QRIS serta menandai kesiapan transaksi digital di pasar dan juga pusat perbelanjaan di Kota Samarinda.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 10 Mei 2022  |  14:00 WIB
Digitalisasi Pembayaran Pasar, Pusat Perbelanjaan dan Wisata Budaya di Kaltim
Ilustrasi QRIS. - Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur (KPwBI Kaltim) meluncurkan digitalisasi pembayaran di pasar, pusat perbelanjaan dan wisata budaya.

Kegiatan tersebut digelar di Pasar Palaran, Pasar Lok Bahu, dan Big Mall Kota Samarinda dalam rangkaian acara Seremoni Peluncuran Pasar dan Pusat Perbelanjaan Sehat, Inovatif dan Aman Pakai (S.I.A.P.) QRIS, bersama dengan Pemerintah Kota Samarinda dan para stakeholders terkait.

Kepala KPwBI Kaltim Ricky P Gozali menyatakan, kegiatan ini mendukung target nasional 15 juta pengguna QRIS serta menandai kesiapan transaksi digital di pasar dan juga pusat perbelanjaan di Kota Samarinda dengan syarat minimal merchant pengguna QRIS lebih dari 25 persen untuk pasar dan lebih dari 80 persen untuk pusat perbelanjaan.

“Hingga saat ini, telah terdapat 32,24 persen pedagang di Pasar Palaran, 26,47 persen pedagang di Pasar Lok Bahu, serta 91,67 persen merchant di Big Mall Samarinda yang telah terfasilitasi kanal QRIS dalam transaksinya,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (10/5/2022).

Ricky menambahkan, peluncuran pasar dan pusat perbelanjaan S.I.A.P. QRIS di Samarinda diharapkan dapat mendorong implementasi transaksi non tunai di wilayah Kaltim sehingga dapat mendukung tercapainya ekonomi dan keuangan digital yang inklusif.

Sementara itu, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti mengatakan komunitas pasar dan pusat perbelanjaan memiliki peran penting dalam perluasan penggunaan transaksi pada kanal QRIS.

“Kedua komunitas ini dipilih sebagai prioritas pengguna perluasan kanal QRIS dikarenakan memiliki potensi pertumbuhan yang cukup tinggi dan mendatangkan dampak positif baik untuk pelaku usaha dan juga pembeli,” katanya.

Dia mengungkapkan bahwa, transaksi yang dilakukan pedagang menggunakan QRIS, dapat terekam sebagai credit scoring yang mampu mempermudah akses UMKM pada jasa keuangan formal dengan biaya yang lebih kompetitif.

Sedangkan, bagi pengguna, transaksi menggunakan kanal QRIS memberikan kemudahan dari segi efisiensi waktu, lebih higienis karena dapat dilakukan tanpa tatap muka (QRIS TTM), serta mitigasi transaksi uang palsu dan berbagai tindakan kriminalitas lainnya.

Adapun, Seremoni Peluncuran Pasar Tradisional dan Pusat Perbelanjaan S.I.A.P QRIS ini juga dirangkai dengan kegiatan showcasing produk unggulan UMKM Kaltim, penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) untuk pilar keagamaan, kebudayaan dan pendidikan kepada beberapa organisasi dan komunitas yang membutuhkan.

Terdapat lebih kurang 25 (dua puluh lima) UMKM fashion, kriya, makanan dan minuman binaan Bank Indonesia yang turut serta dalam rangkaian kegiatan tersebut.

Seluruh UMKM juga telah terfasilitasi kanal pembayaran QRIS dan telah masuk dalam ekosistem perdagangan digital (e-commerce) sehingga memudahkan pengunjung untuk merasakan pengalaman secara langsung bertansaksi dengan cepat, mudah, murah, aman dan andal menggunakan QRIS.

Pada saat bersamaan dilaksanakan juga penganugerahan apresiasi seni dan budaya Kalimantan Timur melalui pencatatan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori Mandau Terbesar di dunia yang diraih oleh Mandau Singa Api-Api dengan panjang 6.38m x 0,65m.

Mandau tersebut dapat dilihat oleh pengunjung Big Mall mulai tanggal 10 hingga 15 Mei 2022 di Upper Ground Floor Pusat Perbelanjaan Big Mall Kota Samarinda

Dukungan Bank Indonesia dalam perluasan implementasi QRIS serta pelaksanaan rangkaian acara gelar budaya tersebut diharapkan dapat membantu momentum percepatan pemulihan ekonomi untuk Kaltim yang berdaulat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia kaltim digital Transaksi Nontunai QRIS
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top