Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyaluran Kredit di Kaltim Tumbuh 15,15 Persen per Kuartal I/2022

Penyaluran kredit di Kaltim tersebut lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya yaitu sebesar 13,68 persen secara tahunan.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Penyaluran kredit di Kalimantan Timur tumbuh  15,15 persen sepanjang kuartal I/2022.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KpwBI) Kaltim Ricky P Gozali menyatakan angka tersebut lebih tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya yaitu sebesar 13,68 persen secara tahunan.

“Berdasarkan tipe kreditnya, peningkatan penyaluran kredit di Kaltim bersumber dari tumbuhnya kredit modal kerja dan konsumsi di tengah kinerja kredit investasi yang melambat,” ujarnya, Rabu (15/6/2022).

Dia menambahkan, kredit investasi dan konsumsi mengalami penurunan risiko kredit yang tercermin oleh tingkat NPL (Non Performing Loan) yang terjaga.

Sebagai informasi, NPL adalah kondisi pinjaman yang gagal dibayarkan oleh debitur sesuai waktu yang telah dijadwalkan untuk jangka tertentu atau dengan kata lain adalah macet. 

Kemudian, Ricky menjelaskan apabila ditinjau berdasarkan tipe debiturnya, kenaikan kredit di Kaltim turut bersumber dari kembali positifnya kinerja kredit korporasi dan kredit rumah tangga (RT).

“Adapun tingkat NPL untuk sektor korporasi dan kredit rumah tangga terjaga di bawah threshold,” jelasnya.

Setali tiga uang, penghimpunan DPK di Kaltim meningkat akibat peningkatan giro dan tabungan pada kuartal I/2022.

DPK Kaltim tercatat tumbuh 13,60 persen secara tahunan atau lebih tinggi dari kuartal sebelumnya yaitu sebesar 11,49 persen.

“Secara umum, peningkatan tersebut bersumber dari kinerja giro dan tabungan yang meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya di tengah penurunan kinerja deposito,” terang Ricky.

Dari sisi nasabah, Ricky menyebutkan, peningkatan DPK di Kaltim bersumber dari DPK Korporasi dan DPK rumah tangga.

“Secara spesifik, meningkatnya kinerja DPK Korporasi disebabkan oleh peningkatan kinerja giro dan deposito, sementara di sisi lain peningkatan DPK RT bersumber dari peningkatan kinerja giro dan tabungan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper