Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UMKM di Kaltim Ditargetkan Berkontribusi Hingga Rp56 Triliun Tahun Ini

Kepala Disperindagkop dan UKM Provinsi Kaltim M Yadi Robyan Noor menyatakan kontribusi omzet UMKM tahun lalu cukup signifikan saat pandemi mulai melandai yaitu mencapai Rp54 triliun.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 16 Juni 2022  |  22:15 WIB
UMKM di Kaltim Ditargetkan Berkontribusi Hingga Rp56 Triliun Tahun Ini
Ilustrasi

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Provinsi Kalimantan Timur menargetkan omzet UMKM sebesar Rp56 triliun tahun ini.

Kepala Disperindagkop dan UKM Provinsi Kaltim M Yadi Robyan Noor menyatakan kontribusi omzet UMKM tahun lalu cukup signifikan saat pandemi mulai melandai yaitu mencapai Rp54 triliun.

Dia menambahkan, target tahun 2023 adalah sebesar Rp76 triliun. "Kita sangat optimis melihat omzet dan transaksi yang sudah berlangsung," ujarnya, dikutip, Kamis (16/6/2022).

Pria yang akrab disapa Roby itu menyebutkan, tanggung jawab pihaknya adalah membuat ekonomi Kaltim tumbuh, maju dan berkeadilan yang merata untuk 10 kabupaten dan kota. "Target pertumbuhan ekonomi kita 5 persen dan tahun lalu sudah tumbuh lebih dari 2 persen, jadi tidak lagi minus. Tahun ini tren pertumbuhannya sangat positif," sebutnya.

Roby menjelaskan, beberapa rencana kegiatan untuk merealisasikan hal tersebut diantaranya yaitu, melakukan koordinasi, sinkronisasi dan pelaksanaan Pembangunan SDM Industri, Penyusunan Rapat Kerja Anggaran (RKA) 2023, Sosialisasi Jabatan Fungsional, Sinkronisasi Surat Keterangan Asal (SKA) dan Sosialisasi Penyuluhan Hukum, Perjanjian/Kontrak dan Perpajakan.

"Mudah-mudahan gayung bersambut. Sehingga irisan programnya semua tajam dan selaras antara tujuan nasional, provinsi, kabupaten dan kota," harapnya.

Adapun, dia menuturkan bahwa upaya yang dilakukan dengan menyelaraskan antara rencana dan program bertujuan demi mendukung misi kedua Kaltim Berdaulat, yaitu berdaulat dalam pemberdayaan ekonomi wilayah dan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan.

"Tugas kami adalah membantu sukses pelaksanaan program Gubernur dan Wakil Gubernur, terutama untuk misi kedua Kaltim Berdaulat," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm kaltim
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top