Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anti Ribet! Pemkot Balikpapan Bentuk Aplikasi Khusus Wirausaha Bagi Pemuda

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan, Ratih Kusuma menyatakan melalui sistem informasi wirausaha muda diharapkan anak-anak muda di Kota Balikpapan tidak lagi sulit dalam memulai karier di bidang wirausaha. 
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 19 Juni 2022  |  15:45 WIB
Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan, Ratih Kusuma. - Istimewa
Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan, Ratih Kusuma. - Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Pemerintah Kota Balikpapan menyiapkan aplikasi khusus pengembangan usaha para pemuda.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Balikpapan Ratih Kusuma menyatakan melalui sistem informasi wirausaha muda diharapkan anak-anak muda di Kota Balikpapan tidak lagi sulit dalam memulai karier di bidang wirausaha. 

“Saat ini menyiapkan satu aplikasi wirausaha yang bisa diakses oleh pemuda di Balikpapan. Target selesai tahun ini,” ujarnya, Minggu (19/6/2022).

Dia menambahkan, layanan dalam aplikasi tersebut akan membantu para pemuda yang ingin berwirausaha untuk mendapatkan informasi terkait promosi, pemasaran dan konsultasi perizinan.

Kendati demikian, Ratih mengungkapkan bahwa saat ini aplikasi tersebut tengah dipersiapkan sebaik mungkin sambil melakukan koordinasi dengan OPD terkait.

Sementara itu, Asisten Deputi (Asdep) Kewirausahaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Imam Gunawan menyatakan sinkronisasi program wirausaha pemerintah pusat dan daerah harus didukung beberapa fasilitas yang tersedia, seperti pelatihan, pendidikan supporting permodalan, pemasaran, dan pengembangan lebih lanjut.

“Jadi sinkronisasi dan harmonisasi kebijakan pusat harus ditujukan ke bawah (daerah). Di Balikpapan ekosistem komplit dan terbangun dengan bagus,” katanya.

Adapun, Imam menuturkan bahwa salah satu program prioritas Kemenpora adalah berkaitan dengan penumbuhan wirausaha yang memiliki kreativitas untuk masifnya daya saing.

“Menjadikan pengembangan kewirausahaan itu menjadi sangat amat prioritas, sampai dituangkan dalam Peraturan Presiden No 2/2022 tentang pengembangan kewirausahaan nasional untuk mengoordinasikan seluruh pihak yang terlibat menjadi satu gerakan yang fokus kepada pengembangan kewirausahaan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha balikpapan
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top