Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Harga Bahan Pangan di Pasar Tradisional Kaltim Hari Ini

Bahan pangan seperti minyak, daging sapi segar lokal, bawang merah dan telur ayam ras di Kaltim mengalami kenaikan signifikan.
Bahan pangan seperti minyak, daging sapi segar lokal, bawang merah dan telur ayam ras di Kaltim mengalami kenaikan signifikan. ANTARA FOTO/Jojon
Bahan pangan seperti minyak, daging sapi segar lokal, bawang merah dan telur ayam ras di Kaltim mengalami kenaikan signifikan. ANTARA FOTO/Jojon

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Harga komoditas bahan pangan di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) merangkak naik dalam beberapa waktu belakangan khususnya di kota-kota besar.

Dikutip dari Sistem Informasi Perdagangan Kalimantan Timur, beberapa bahan pangan yang mengalami kenaikan harga adalah minyak, daging sapi segar lokal, bawang merah dan telur ayam ras. 

Daftar harga bahan pangan di kawasan Kaltim per 29 Juli 2022:

Beras

Bahan pangan beras yang tersedia memiliki jenis dan tingkat kualitas berbeda. Untuk harga beras medium hari ini tercatat Rp11.500/kg turun tipis dari minggu lalu Rp11.508/kg. Kemudian, untuk beras premium dijual seharga Rp13.125 atau naik dari Rp12.881/kg pada minggu lalu.

Gula Pasir

Harga gula pasir yang menjadi kebutuhan pokok ini terpantau fluktuatif yang berkisar antara Rp14.600-Rp16.000.

Pada 22 Juli 2022, gula pasir curah dijual di angka Rp14.667/kilogram, tetapi kini harga gula terpantau senilai Rp15.000/kg di Kota Balikpapan. Sedangkan, harga stabil terpantau di Samarinda, Kabupaten Berau dan Paser.

Minyak Goreng Kemasan Sederhana

Sebagai bahan pokok yang digunakan setiap hari untuk kebutuhan menggoreng dan mengolah bahan makanan yang hendak di masak, terpantau harga minyak goreng kemasan sederhana adalah Rp20.000 atau mengalami peningkatan dari minggu lalu yang mencapai Rp15.000.

Padahal, pemerintah pusat terus berupaya membuat kebijakan yang sempat menjadi polemik pada awal tahun 2022 kemarin hingga kini.

Telur Ayam Ras

Telur ayam ras yang menjadi bahan makanan pokok ini telah mengalami peningkatan hingga 52 persen dibandingkan minggu lalu. Per hari ini, Jumat (29/7/2022) harga telur ayam ras berada di angka Rp42.600/kilogram, dimana minggu lalu masih di angka Rp28.000 untuk Kota Samarinda.

Kabupaten/kota lain seperti Kabupaten Paser, Penajam Paser Utara dan Kota Balikpapan mengalami harga telur ayam ras yang relatif stabil sejak seminggu terakhir, yaitu berkisar antara Rp30.000 sampai dengan Rp31.500.

Daging Sapi Segar Lokal

Daging sapi segar lokal yang tersedia di Pasar Klandasan, Kota Balikpapan terpantau mengalami penurunan dibandingkan minggu sebelumnya.

Per hari ini, Jumat (29/7/2022) harga daging sapi segar lokal tercatat di angka Rp80.000/kg. Sementara itu, minggu lalu harga daging sapi di Kota Balikpapan mencapai Rp150.000/kg.

Bawang Merah

Semenjak diberitakan produksi bawang terganggu karena cuaca dan kurangnya pasokan dari daerah tetangga, harga bawang merah terus merangkak naik di Kaltim. Per hari ini, Jumat (29/7/2022), harga bawang merah tercatat Rp57.500/kilogram, dimana harga minggu lalu senilai Rp47.500/kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper