Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ditopang Komoditas Tambang, Kalsel Setor Rp9,18 Triliun ke Kas Negara

Pengaruh penerimaan negara berasal dari aktivitas pertambangan yang masih dapat dirasakan hingga bulan Juni 2022.
M. Mutawallie Syarawie
M. Mutawallie Syarawie - Bisnis.com 07 Agustus 2022  |  13:59 WIB
Ditopang Komoditas Tambang, Kalsel Setor Rp9,18 Triliun ke Kas Negara
Pekerja beraktivitas di area pertambangan batu bara PT Adaro Indonesia, di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Selasa (17/10). - JIBI/Nurul Hidayat
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN ––  Kantor Wilayah Direktorat Jendral (Ditjen) Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mencatat kinerja pendapatan negara mencapai Rp9,18 triliun atau 86,44 persen dari target hingga akhir Juni 2022.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jendral (Ditjen) Perbendaharaan Provinsi Kalsel, Sulaimansyah menyatakan angka tersebut tumbuh 98,26 persen dibandingkan realisasi tahun lalu pada periode yang sama.

Berdasarkan data DJPb Kalsel, realisasi penerimaan dari pajak mencapai Rp8,55 triliun, dimana penerimaan pajak tersebut tumbuh sebesar 109,27 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) atau mencapai 87,93 persen dari target APBN 2022 sebesar Rp9,72 triliun.

“Capaian pendapatan negara di wilayah Kalsel sangat dipengaruhi oleh fluktuasi kegiatan perekonomian regional,” ujarnya yang dikutip, Minggu (7/8/2022).

Sulaimansyah menambahkan, sampai dengan 30 Juni 2022 kondisi perekonomian masih menunjukkan tren positif dengan didominasi sektor pertambangan.

“Pengaruh tertinggi penerimaan negara berasal dari aktivitas pertambangan periode akhir 2021 yang ternyata masih berdampak pada penerimaan perpajakan pada Juni 2022. Selain [juga] disebabkan oleh adanya peningkatan volume kegiatan masyarakat,” katanya

Di sisi lain, dia mengungkapkan bahwa realisasi penerimaan Kepabeanan dan Cukai adalah Rp695,02 miliar atau mencapai 416,39 persen dari target yang ditetapkan.

“Sementara itu realisasi pendapatan negara yang berasal dari PNBP di Kalsel mencapai nilai Rp627,77 miliar atau 70,26 persen dari target,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kalimantan selatan pendapatan negara
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top