Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PHI Klaim Berhasil Pulihkan Produksi Sumur Tua Kalimantan

Capaian produksi gas mencapai 639,09 juta standar kaki kubik gas per hari dan produksi minyak mencapai 57.180 barel minyak per hari hingga akhir Juli 2022.
Fasilitas produksi Pertamina Hulu Mahakam./Istimewa-SKK Migas
Fasilitas produksi Pertamina Hulu Mahakam./Istimewa-SKK Migas

Bisnis.com, BALIKPAPAN — PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) mengklaim berhasil mengelola lapangan-lapangan mature di regional 3 Kalimantan melalui proyek strategis di Zona 8, Zona 9 dan Zona 10.

Manager Communication, Relations & CID PHI, Dony Indrawan menyatakan strategi tersebut berhasil mencatatkan capaian produksi gas mencapai 639,09 juta standar kaki kubik gas per hari dan produksi minyak mencapai 57.180 barel minyak per hari hingga akhir Juli 2022.

Proyek ini dilaksanakan melalui berbagai upaya seperti optimasi dan stimulasi, hingga water flood seperti yang dijalankan di Lapangan Handil Zona 8, dan Tanjung untuk Zona 9,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (18/8/2022).

Di sisi lain, Dony menjelaskan aspek keselamatan yang diterapkan dalam setiap kegiatan operasi dan bisnis ikut mendorong produksi yang dibuktikan dengan 100 juta jam kerja aman tanpa insiden terhitung sejak November 2020 yang mencakup kegiatan operasi perusahaan di Kantor Pusat PHI, Zona 8, Zona 9, Zona 10, Eksplorasi, dan JOB Simenggaris hingga 31 Juli 2022.

Sebelumnya, PHI mencatatkan proyek Improved Oil Recovery (IOR) dan Enhanced Oil Recovery (EOR) terealisasi sebesar 2,60 juta barel per hari (bopd) pada kinerja kuartal I/2022  

“Kami ingin memastikan bahwa setiap pekerja dan mitra kerja akan datang bekerja dan pulang kepada keluarganya dengan selamat,” jelasnya.

Kemudian, Donny optimistis langkah-langkah strategis yang dilakukan membawa dampak positif hingga mencapai target 2022.

Menurutnya, langkah tersebut diambil untuk memastikan keekonomian aset, sehingga dapat terus memberikan manfaat dan nilai kepada seluruh pemangku kepentingan.

“Tantangan operasi dan bisnis disikapi positif oleh perusahaan dengan mengembangkan beberapa program strategis, yaitu eksplorasi yang agresif, optimasi baseline dan development, sinergi borderless operation, optimasi biaya, optimasi portfolio komersial, dan menjaga keandalan fasilitas produksi,” pungkasnya.

Sebagai informasi, PHI merupakan bagian dari Subholding Upstream Pertamina yang mengelola wilayah kerja dan aset hulu migas Regional 3 Kalimantan yang berkontribusi masing-masing sekitar 14 persen dan 26 persen produksi minyak dan gas Pertamina yang sangat penting dalam menyediakan kebutuhan energi bagi Indonesia pada 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler