Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Bapok di Kaltim Cenderung Turun Pekan Ini

Sejumlah bahan pokok seperti bawang merah dan cabai rawit turun, sedangkan daging sapi segar lokal di Samarinda mengalami kenaikan.
Kebutuhan pokok di pasar tradisional./Ilustrasi-Bisnis
Kebutuhan pokok di pasar tradisional./Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN ––  Harga komoditas bahan pokok di Provinsi Kalimantan Timur pekan ini cenderung turun dan beberapa komoditas lainnya stabil dibandingkan minggu sebelumnya.

Dikutip dari Sistem Informasi Perdagangan Kalimantan Timur, berikut daftar sejumlah harga bahan pokok, per hari ini Jumat (12/8/2022). Berikut daftar Harga Sembako Hari Ini:

Beras

Bahan pokok beras yang tersedia memiliki jenis dan tingkat kualitas berbeda. Untuk harga beras medium hari ini tercatat Rp11.417/kilogram. Kemudian, untuk beras premium terjadi penurunan cukup signifikan dengan harga jual Rp13.125/kilogram, dari Rp17.000/kilogram pada minggu lalu.

Gula Pasir

Pada hari ini gula pasir curah di pasar tradisional juga menurun dalam rentang Rp14.000/kilogram  hingga Rp15.000/kilogram sepanjang minggu ke tiga Agustus 2022 di sebagian besar kabupaten/kota Kaltim.

Minyak Goreng Kemasan Sederhana

Minyak goreng jenis curah dan kemasan sederhana lazim digunakan untuk kebutuhan menggoreng dan mengolah bahan makanan oleh masyarakat di Kaltim.

Terpantau harga minyak goreng kemasan sederhana turun dari Rp15.000 menjadi kisaran Rp13.000 hingga Rp14.000 per har ini. Begitu juga dengan harga Minyak Goreng Curah yang turun ke harga Rp14.000/liter

Cabai

Mayoritas harga cabai sudah mulai mengalami penurunan pada pekan ini di sejumlah pasar tradisional di Kaltim. Cabai merah besar, cabai rawit merah dan rawit hijau di Kota Samarinda mengalami penurunan seharga Rp10.000/kilogram dibandingkan minggu sebelumnya.

Per hari ini, cabai merah besar terpantau berada di harga Rp57.500 per kilogram di Kota Samarinda, cabai merah keriting Rp57.500 dan cabai rawit merah Rp50.000.  

Sedangkan, cabai rawit hijau tercatat Rp65.000/kilogram, naik dari minggu lalu yaitu Rp 62.667 /kilogram.

Daging Sapi Segar Lokal

Harga daging sapi segar lokal yang tersedia di pasar tradisional terpantau stabil dari minggu sebelumnya, yaitu berkisar antara Rp150.000 hingga Rp160.000. Kendati demikian, ada peningkatan harga di Kota Samarinda, yaitu dari Rp121.667 pada pekan lalu menjadi Rp147.500 per hari ini.

Bawang Merah

Bawang merah pada minggu terus turun masih turun dibandingkan minggu lalu setelah sempat diberitakan terganggunya produksi bawang akibat cuaca dan kurangnya pasokan di Kaltim dari daerah tetangga. Per hari ini, Jum’at (19/8/2022), harga bawang merah tercatat Rp40.000/kilogram, dimana harga minggu lalu senilai Rp51.250/kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper