Pereli TGRI Pacu GR Yaris AP4 Sapu Bersih Podium Pertama di 4 Seri Kejurnas Sprint Rally 2022 Pada Musim Pedananya

Performa GR Yaris AP4 menjadi salah satu faktor utama yang mendukung pereli TGRI tampil konsisten dalam meraih juara pertama sejak awal musim.
Pereli Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto berhasil membuat GR Yaris AP4 menguasai kelas paling bergengsi M1 (sedan 4 wheel-drive) kategori A pada tiga seri awal Kejurnas Sprint Rally 2022./JIBI-Istimewa
Pereli Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto berhasil membuat GR Yaris AP4 menguasai kelas paling bergengsi M1 (sedan 4 wheel-drive) kategori A pada tiga seri awal Kejurnas Sprint Rally 2022./JIBI-Istimewa

Bisnis.com, BEKASI—Pereli Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto berhasil membuat GR Yaris AP4 menguasai kelas paling bergengsi M1 (sedan 4 wheel-drive) kategori A pada tiga seri awal Kejurnas Sprint Rally 2022.

Berkat sinergi antara GR Yaris AP4 dengan pereli yang semakin kuat, TGRI kembali meraih juara pertama kelas M1 pada Kejurnas Sprint Rally 2022 Seri ke-3 di Sirkuit Central Park Meikarta, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu - Minggu (20-21/8/2022).

“Selamat kepada seluruh pereli dan tim Toyota Gazoo Racing Indonesia yang telah berhasil juara pertama di 4 seri Kejurnas Spint Rally 2022 secara berturut-turut. Memanfaatkan basis Pure GR yang dirancang untuk kepentingan rally dunia WRC, GR Yaris AP4 memberikan kesempatan luas kepada engineer TGRI untuk meracik seting sasis, mesin, ban, hingga kaki-kaki paling andal untuk bertarung di trek Meikarta pada Kejurnas Sprint Rally 2022 putaran ke-3 ini. Sehingga, performa GR Yaris AP4 begitu kompetitif sejak awal lomba hingga mencatatkan total waktu tercepat. Hasil positif ini semakin memperbesar kesempatan bagi tim TGRI untuk meraih gelar juara nasional pertamannya di ajang sprint rally di musim ini,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Kejurnas Sprint Rally Seri ke-3 merupakan bagian dari gelaran balap bertajuk Meikarta Autofest 2022 yang telah diadakan sejak 12 Agustus lalu dan berakhir pada 21 Agustus 2022. Sebanyak lebih dari 1.000 peserta dilaporkan ikut serta, di mana 80 starter di antaranya berlaga di sprint rally. Kejurnas Sprint Rally sendiri tinggal menyisakan 2 seri dari rencana 5 seri di musim balap 2022.

GR Yaris AP4 yang dikemudikan oleh Ryan Nirwan dan co-driver Adi Indiarto melesat dengan cepat sejak titik start. Di hari Sabtu (20/8), tim TGRI berhasil mencatatkan waktu tercepat 03:28.7 pada Special Stage 1 (SS1) dan 03:22.7 pada Special Stage 2 (SS2). Hasil positif ini berlanjut ke hari Minggu (21/8), ketika GR Yaris AP4 berhasil membawa duet pereli Ryan dan Adi mencatatkan waktu tercepat 03:25.6 di SS3 dan 03:23.2 di SS4.

“Track di Meikarta ini sangat berbeda dari dua seri sebelumnya. Sebagian besar lintasan kami lalui adalah aspal dan beton, gravel ada namun terbatas. Hal ini tentu menjadi tantangan baru bagi kami. Saya bersyukur tim dapat menemukan setting GR Yaris AP4 yang sesuai dengan karakter sirkuit, sehingga saya dan Adi dapat beradaptasi dengan cepat dan tampil konsisten sejak SS1 hingga SS4 dan meraih podium pertama,” kata pereli TGRI, Ryan Nirwan.

Kode AP4 di belakang nama GR Yaris mengacu pada regulasi Asia-Pacific 4WD (AP4). Di kelas ini, tim balap dapat melakukan modifikasi untuk membuat mobil lebih ringan, namun komponen bodyshell seperti pintu dan atap asli GR Yaris tetap dipertahankan. Berat minimum untuk kategori AP4 dibatasi tidak boleh kurang dari 1.230 kilogram. GR Yaris AP4 juga dilengkapi aero kit untuk mengalirkan udara dengan baik sekaligus meningkatkan downforce. Suspensi depan dan belakang dimodifikasi sesuai kebutuhan supaya andal di segala kondisi jalan.

Untuk memaksimalkan performanya, GR Yaris AP4 memanfaatkan exhaust manifold khusus dan turbocharger boost maksimum 2 bar yang dilengkapi pembatas tekanan udara. Tenaga dialirkan melalui girboks sekuensial 5-speed dengan rasio gigi sesuai kebutuhan dan sistem AWD menggunakan locked centre differential yang membagi torsi secara merata 50:50 depan-belakang. Hasilnya, GR Yaris AP4 tampil mendominasi di track sprint rally yang menuntut ketangkasan mobil balap di lintasan pendek.

“Kami bersyukur performa GR Yaris AP4 menjadi salah satu faktor utama yang mendukung pereli TGRI tampil konsisten dalam meraih juara pertama sejak awal musim. Bermodalkan basis GR Yaris yang sudah terkenal tangguh di balap rally, diperkuat oleh skill dan experience engineer TGRI dalam menemukan performa terbaik hot hatchback tersebut, kami harap pereli TGRI terus memimpin di sisa seri yang ada dan meraih gelar juara nasional perdana tahun ini,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Fumitaka Kawashima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler