Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pupuk Kaltim Resmikan Pujasera NPK Pelangi, Hadirkan Ragam Kuliner hingga Produk UMKM Lokal

Sarana ini merupakan bentuk perhatian PKT terhadap pengembangan UMKM agar lebih berdaya dan mandiri, sekaligus komitmen pemberdayaan dan pembinaan masyarakat.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 15 September 2022  |  09:42 WIB
Pupuk Kaltim Resmikan Pujasera NPK Pelangi, Hadirkan Ragam Kuliner hingga Produk UMKM Lokal
SVP Sekretaris Perusahaan Pupuk Kaltim Teguh Ismartono bersama Wakil Wali Kota Bontang Najirah saat memotong pita peresmian pujasera NPK Pelangi Kelurahan Loktuan, Kecamatan Bontang Utara, Senin (12/9/2022). - JIBI/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, BONTANG— PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) meresmikan pujasera NPK Pelangi Kelurahan Loktuan, Kecamatan Bontang Utara sebagai sentra UMKM dalam mendorong penguatan ekonomi masyarakat. Peresmian dilakukan SVP Sekretaris Perusahaan Pupuk Kaltim Teguh Ismartono bersama Wakil Wali Kota Bontang Najirah, Senin (12/9/2022).

Teguh Ismartono mengatakan pujasera ini sengaja dibangun Pupuk Kaltim bagi pelaku UMKM di Kelurahan Loktuan, mulai dari pelaku usaha makanan dan minuman hingga kebutuhan sembako. Sarana ini juga bentuk perhatian Pupuk Kaltim terhadap pengembangan UMKM agar lebih berdaya dan mandiri, sekaligus realisasi komitmen pemberdayaan dan pembinaan bagi masyarakat sekitar perusahaan.

“Selain memfasilitasi lokasi berjualan, Pupuk Kaltim juga melakukan pembinaan langsung bagi 12 pelaku UMKM di pujasera NPK Pelangi untuk penguatan kapasitas pelaku usaha. Ditunjang sarana prasarana pendukung bagi pedagang untuk berjualan,” kata Teguh.

Dijelaskan Teguh, fasilitas pendukung yang dialokasikan di antaranya listrik serta sarana kebersihan seperti air, toilet dan tempat sampah. Lalu 12 set meja untuk masing-masing pedagang berjualan, kursi pengunjung, pemasangan CCTV, banner lapak pelaku usaha, 6 unit wastafel dan lampu penerangan jalan umum (PJU). Dari fasilitas pujasera ini para pelaku UMKM diharap dapat menjalankan usaha dengan baik, sehingga roda perekonomian mampu berkembang seiring tingkat kunjungan dan minat masyarakat untuk berbelanja.

"Bantuan pembangunan pujasera ini juga bagian dari fokus TJSL Pupuk Kaltim sesuai amanat Kementerian BUMN. Salah satunya meningkatkan kontribusi untuk penguatan UMKM di berbagai sektor agar makin tumbuh dan berkembang," tambah Teguh.

Wakil Wali Kota Bontang Najirah mengapresiasi kesinambungan komitmen Pupuk Kaltim untuk terus berperan dalam mendorong pengembangan UMKM di Kota Bontang. Menurut Najirah, keberadaan pujasera NPK Pelangi ini sejalan dengan visi misi Pemkot Bontang, khususnya dalam mendorong penguatan UMKM lokal agar lebih berdaya saing. Dari hal ini  kemandirian masyarakat diharap mampu tercapai, melalui pembinaan sektor usaha dan fasilitas memadai yang didukung penuh Pupuk Kaltim.

"Kami berharap keberadaan pujasera ini menjadi semangat baru pelaku usaha di Kelurahan Loktuan agar makin tumbuh dan berkembang. Terus tingkatkan komitmen untuk menjalankan dan mengembangkan usaha," kata Najirah.

Dirinya berpesan para pedagang dapat memaksimalkan keberadaan pujasera, sekaligus menjaga seluruh fasilitas yang tersedia maupun kebersihan lokasi demi kenyamanan pengunjung. Najirah juga mengimbau pedagang untuk terus berinovasi dengan berbagai kreasi menarik, mulai dari rasa hingga penyajian agar minat masyarakat terhadap produk UMKM di pujasera NPK Pelangi makin meningkat.

"Perhatikan hal-hal kecil untuk memberi kenyamanan bagi pengunjung, begitu pula dengan produk yang dijual dapat terus ditingkatkan inovasinya agar masyarakat semakin tertarik berkunjung dan menikmati fasilitas pujasera ini," tandas Najirah.

SVP Sekretaris Perusahaan Pupuk Kaltim Teguh Ismartono./JIBI-Istimewa

Ketua Perkumpulan Pedagang Pujasera NPK Pelangi Kamaruddin Kupang turut menyampaikan terima kasih atas kontribusi Pupuk Kaltim membangun pujasera NPK Pelangi untuk memfasilitasi para pedagang yang sebelumnya berjualan di area pos 7. Diungkapkannya, selain mendapatkan hak guna pakai, fasilitas dan sarana pendukung yang sebelumnya diharap para pelaku usaha turut difasilitasi penuh Pupuk Kaltim, sehingga para pedagang tidak kesulitan untuk mulai berjualan di area ini.

"Begitu juga penguatan kapasitas pelaku usaha melalui pembinaan dan modal usaha turut dibantu Pupuk Kaltim, sehingga pedagang yang mengisi pujasera ini bisa kembali menjalankan roda ekonomi dari usaha masing-masing," ucap Kamaruddin.

Dirinya berharap Pupuk Kaltim terus memberikan perhatian dan pembinaan bagi pelaku UMKM di pujasera NPK Pelangi, sehingga kedepan sektor usaha yang kini mulai dirintis kembali para pedagang dapat terus tumbuh dan berkembang.

"Kami harap kesinambungan pembinaan dan dukungan Pupuk Kaltim, agar usaha yang kami jalankan semakin maju. Begitu juga masyarakat maupun karyawan perusahaan yang ada di sekitar Loktuan, dapat berkunjung dan menikmati aneka kuliner maupun produk UMKM yang tersedia di pujasera ini," pungkas Kamaruddin.

Selain penyerahan fasilitas dan sarana pendukung pujasera NPK Pelangi, Pupuk Kaltim turut menyalurkan bantuan dana perbaikan pujasera Kopkar PKT dan pujasera Effendy BTN masing-masing Rp30 Juta yang diserahkan Teguh Ismartono bersama Najirah kepada perwakilan pengurus dua pujasera tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kaltim
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top