Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI Prediksi Inflasi Kaltim Turun Akibat Sejumlah Faktor

Itu sejalan upaya pemerintah dalam rangka menjaga momentum pemulihan ekonomi dengan beberapa penyesuaian tarif.
M. Mutawallie Syarawie
M. Mutawallie Syarawie - Bisnis.com 27 Oktober 2022  |  14:18 WIB
BI Prediksi Inflasi Kaltim Turun Akibat Sejumlah Faktor
Transportasi jadi penekan inflasi di Kaltim.
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Bank Indonesia memprakirakan sejumlah faktor akan menekan inflasi Kaltim pada kuartal III/2022.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kaltim Ricky P Gozali menyatakan hal tersebut sejalan upaya pemerintah dalam rangka menjaga momentum pemulihan ekonomi dengan beberapa penyesuaian tarif.

“Beberapa penyesuaian tarif dilakukan oleh pemerintah antara lain meliputi kebijakan penyesuaian fuel surcharge yang mendorong tarif angkutan udara untuk meningkat menjadi 15 persen dari tarif batas atas untuk pesawat jet dan 25 persen dari tarif batas atas untuk pesawat propeller,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (27/10/2022).

Dia menambahkan, peningkatan inflasi Kaltim pada kuartal III/2022 disebabkan faktor base effect di periode yang sama di tahun sebelumnya.

“Tekanan inflasi juga datang dari penyesuaian tarif dasar listrik bagi pelanggan yang memiliki daya 3.500 VA serta peningkatan tarif LPG non-subsidi,” katanya.

Selanjutnya, Ricky menyebutkan capaian inflasi juga akan tertahan oleh masuknya momen panen beberapa komoditas pangan strategis di wilayah sentra produksi utamanya cabai rawit dan bawang merah.

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), 95 persen wilayah Indonesia tidak terdapat potensi banjir dengan intensitas tinggi pada kuartal III/2022.

Selain itu, BMPKG memprediksi hanya terjadi hujan dengan intensitas rendah dan menengah, sehingga berpotensi mendorong perbaikan produksi bahan pangan.

Adapun, Fenomena La Nina juga diprakirakan akan melandai pada triwulan III 2022 sehingga bisa meminimalisir gangguan produksi di wilayah sentra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltim maskapai penerbangan
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top