Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kunjungi Pupuk Kaltim, Sultan Kutai Kartanegara Anugerahi Rahmad Pribadi Gelar Raden Mas Pranata

Pupuk Kaltim merupakan salah satu perusahaan yang dekat dengan budaya Kutai, melihat besarnya perhatian dan dukungan yang telah diberikan.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 16 November 2022  |  19:26 WIB
Kunjungi Pupuk Kaltim, Sultan Kutai Kartanegara Anugerahi Rahmad Pribadi Gelar Raden Mas Pranata
Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi menerima piagam gelar kehormatan Raden Mas Pranata dari Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI Adji Muhammad Arifin, Rabu (16/11/2022). - JIBI/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, BONTANG—Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura mengapresiasi perhatian dan kontribusi PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) terhadap pelestarian adat serta budaya Kutai yang direalisasikan pada berbagai program dan kegiatan. Hal itu ditegaskan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura XXI Adji Muhammad Arifin saat kunjungan ke Pupuk Kaltim, Rabu (16/11/2022).

Diungkapkan Sultan Adji Muhammad Arifin, Pupuk Kaltim merupakan salah satu perusahaan yang dekat dengan budaya Kutai, melihat besarnya perhatian dan dukungan yang telah diberikan. Baik di Kota Bontang seperti Erau Pelas Benua Guntung dan Pesta Adat Bontang Kuala, serta agenda tahunan Erau Adat Kutai Kartanegara yang digelar Kesultanan di Kota Raja Tenggarong.

Atas dasar tersebut, Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura memberikan gelar kehormatan bagi Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi, yakni Raden Mas Pranata yang sekaligus menjadi bagian kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

"Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pupuk Kaltim atas kerjasama dan dukungan terhadap pelestarian adat budaya Kutai selama ini," ujar Sultan Adji Muhammad Arifin.

Dirinya berharap kepedulian Pupuk Kaltim terhadap pelestarian adat budaya Kutai di Kota Bontang dan Kaltim terus berlanjut dan meningkat setiap tahun. Sehingga kegiatan bertema adat dan budaya Kutai yang terlaksana melalui berbagai gelaran dapat terus dilestarikan sebagai warisan kepada generasi mendatang.

"Kami harap kesinambungan dukungan Pupuk Kaltim agar eksistensi budaya adat Kutai di Kalimantan Timur ini bisa terus dipertahankan, dan semakin maju dengan berbagai kegiatan yang dilaksanakan," tambah Sultan Adji Muhammad Arifin.

Pada kesempatan itu, Sultan Adji Muhammad Arifin secara langsung melakukan penyematan tanda gelar Raden Mas Pranata kepada Rahmad Pribadi, yang secara khusus mengenakan pakaian adat Kutai sebagai simbol penghormatan dan komitmen untuk terus berpartisipasi aktif dalam menjaga serta melestarikan adat budaya daerah. Penyematan berlangsung dihadapan keluarga Kesultanan dan Manajemen Pupuk Kaltim, disaksikan pengurus Lembaga Adat Guntung dan Bontang Kuala.

Rahmad Pribadi pun menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas gelar kehormatan Raden Mas Pranata yang diberikan. Menurut dia hal ini menjadi kebanggaan dan tonggak sejarah baru bagi Pupuk Kaltim, atas penerimaan warga Kutai terhadap keberadaan perusahaan sebagai bagian dari kerabat Kesultanan.

"Secara khusus kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas gelar yang telah diberikan. Ini kehormatan bagi Pupuk Kaltim yang telah disambut sebagai bagian dari Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura," kata Rahmad Pribadi.

Ditambahkan Rahmad, adat dan budaya daerah wajib dipertahankan sebagai identitas serta kebanggaan untuk diwariskan kepada generasi mendatang. Hal ini mendasari kontribusi Pupuk Kaltim terhadap kegiatan adat dan budaya di Kalimantan Timur, sebagai salah satu komitmen perusahaan yang terus dipegang melalui ragam dukungan yang diberikan.

Begitu pula kedepannya, Pupuk Kaltim akan terus berupaya meningkatkan dukungan terhadap pelestarian adat budaya Kutai Kartanegara Ing Martadipura, mengingat hal ini sejalan dengan misi perusahaan yakni memberi manfaat dan nilai tambah optimal bagi masyarakat.

“Termasuk meningkatkan kontribusi ekonomi, sebagai salah satu sasaran perusahaan dalam mendorong kesinambungan pembangunan daerah dan kemandirian masyarakat,” lanjut Rahmad.

Dirinya pun berharap kesinambungan dukungan dari Kesultanan bersama warga Kutai, agar Pupuk Kaltim dapat terus berkinerja baik dan mampu meningkatkan kontribusi dalam memajukan kebudayaan Indonesia, khususnya adat Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

“Dan yang paling penting adalah komitmen bersama untuk saling menjaga kelestarian bumi Katulistiwa yang kita cintai ini," pungkas Rahmad Pribadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kaltim
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top