Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dorong Digitalisasi UMKM Lokal, Pupuk Kaltim Grand Launching Borneos dan KamiUMKM.com

Grand launching Borneos.co 2.0 dilakukan sebagai bentuk penyempurnaan marketplace binaan tersebut dalam mewadahi para pelaku UMKM lokal dan mitra binaan PKT.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 23 November 2022  |  09:46 WIB
Dorong Digitalisasi UMKM Lokal, Pupuk Kaltim Grand Launching Borneos dan KamiUMKM.com
SVP Sekretaris Pupuk Kaltim (dua kanan) bersama dengan Wakil Wali Kota Bontang Najirah (dua kiri) melakukan grand launching marketplace binaan Borneos.co 2.0 dan KamiUMKM.com disaksikan VP TJSL Pupuk Kaltim Anggono Wijaya (kiri) dan Pimpinan Borneos.co Kahar Muzakir (kanan), Senin (21/11/2022). - JIBI/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, BONTANG—Fasilitasi UMKM Go Digital untuk meningkatkan potensi dan pemasaran produk, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) grand launching marketplace binaan Borneos.co 2.0 dan katalog digital mitra binaan perusahaan KamiUMKM.com. Dua wadah promosi dan penjualan UMKM binaan tersebut diresmikan SVP Sekretaris Perusahaan Pupuk Kaltim Teguh Ismartono, bersama Wakil Wali Kota Bontang Najirah di Hotel Grand Equator, Senin (21/11/2022).

Teguh Ismartono mengungkapkan grand launching Borneos.co 2.0 dilakukan sebagai bentuk penyempurnaan marketplace binaan tersebut dalam mewadahi para pelaku UMKM lokal dan mitra binaan Pupuk Kaltim, untuk meningkatkan potensi penjualan dengan penambahan berbagai kategori produk selain makanan dan minuman. Diantaranya kerajinan dan kriya, retail fashion, kesehatan hingga agrobisnis.

Pasca soft launching pada Februari 2022, aplikasi berbasis website tersebut hingga kini telah mengakomodasi sebanyak 246 mitra UMKM lokal dan berhasil membantu 43.956 transaksi mitra UMKM di Kota Bontang. Selain itu Borneos.co juga merupakan komunitas digital binaan Pupuk Kaltim, yang telah berhasil memberdayakan total 40 pemuda Bontang.

"Melalui grand launching ini, Borneos.co siap menjadi marketplace pilihan utama pelanggan dan mendorong digitalisasi UMKM di Kota Bontang," ujar Teguh.

Sementara KamiUMKM.com merupakan website katalog produk mitra binaan Pupuk Kaltim, yang digagas sebagai bentuk kesinambungan pembinaan serta pendampingan perusahaan dengan menghimpun UMKM binaan unggulan dalam suatu wadah digital. Katalog KamiUMKM.com menampilkan informasi beragam hasil produk mitra binaan, yang ditujukan untuk kegiatan promosi lebih luas di Kota Bontang maupun saat exhibition di luar daerah.

"Seluruh upaya ini sebagai bentuk program proaktif Pupuk Kaltim dalam fokus kegiatan pemberdayaan dan digitalisasi UMKM. Kami berharap akselerasi UMKM menuju platform digital dapat memaksimalkan keuntungan bagi para pelaku usaha di Kota Bontang," tambah Teguh.

Pada kesempatan itu, turut digelar workshop bertajuk Go Digital Omzet Maksimal bagi para pelaku UMKM lokal Bontang, dengan narasumber Bunga Rengganis yang merupakan praktisi pelaku usaha digital dari Samarinda. Dari workshop ini diharap pelaku UMKM Bontang dapat meningkatkan kapasitas serta kemampuan dalam mendorong digitalisasi produk, sehingga berdampak positif terhadap kemajuan usaha yang dijalankan.

"Pupuk Kaltim terus berupaya maksimal dalam mendorong para pelaku UMKM lokal menuju digitalisasi, yang selaras dengan semangat serta cita-cita dalam memajukan Kota Bontang. Hal ini tentunya bisa tercapai melalui sinergi positif antara Pupuk Kaltim, pelaku UMKM, Pemerintah dan masyarakat Bontang pada umumnya," terang Teguh.

Pimpinan Borneos.co Kahar Muzakir, mengungkapkan pengembangan marketplace binaan Pupuk Kaltim itu didasari banyaknya permintaan pelaku UMKM untuk difasilitasi pada berbagai kategori produk. Dari sebelumnya hanya melayani pelaku usaha di sektor makanan dan minuman, akhirnya Borneos.co melakukan penyempurnaan melalui penambahan ragam kategori agar seluruh sektor usaha dari produk lokal bisa terfasilitasi dengan baik.

"Dengan semangat tersebut, akhirnya Borneos.co meningkatkan pelayanan dengan menghadirkan enam kategori produk, dari sebelumnya hanya dua kategori yakni makanan dan minuman. Seluruhnya dikerjakan oleh pemuda lokal Bontang yang bergabung dan dibina di Borneos.co," papar Kahar.

Begitu pula dengan KamiUMKM.com, dihadirkan untuk memberi kemudahan akses informasi bagi masyarakat terkait ragam produk mitra binaan Pupuk Kaltim, sekaligus media promosi digital dan rujukan bagi masyarakat untuk mengetahui secara rinci keunggulan ragam produk yang dihasilkan.

"Utamanya pada kegiatan pameran atau expo, katalog sangat penting untuk mempromosikan produk pada pelanggan. Melalui website KamiUMKM.com, semua bisa diakses dengan mudah dan terinci oleh pelanggan hanya melalui scan barcode," lanjut Kahar.

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) grand launching marketplace binaan Borneos.co 2.0 dan katalog digital mitra binaan perusahaan KamiUMKM.com, Senin (21/11/2022)./JIBI-Istimewa

Wakil Wali Kota Bontang Najirah, menyampaikan apresiasi atas kesinambungan upaya Pupuk Kaltim mendorong UMKM lokal agar lebih berdaya saing melalui digitalisasi, yang selanjutnya diharap mampu meningkatkan potensi penjualan sekaligus berdampak signifikan terhadap kesejahteraan pelaku UMKM di Kota Bontang. Dirinya menilai hal ini salah satu wujud komitmen Pupuk Kaltim bagi masyarakat, yang terus meningkatkan kontribusi secara nyata dan konsisten di berbagai bidang.

Terlebih selama pandemi dua tahun terakhir sektor UMKM sangat terdampak, sehingga butuh kesinambungan upaya agar kembali tumbuh dan berkembang untuk pemulihan ekonomi masyarakat. "Hal ini juga menunjukkan semangat yang sama dari Pupuk Kaltim terhadap upaya Pemkot Bontang, khususnya dalam mendorong peningkatan daya saing pelaku UMKM lokal dengan memanfaatkan teknologi informasi," ucap Najirah.

Dari dua aplikasi berbasis website tersebut, produk UMKM Bontang pun diharap semakin dikenal oleh konsumen lokal hingga nasional, sehingga mampu mendorong terciptanya masyarakat mandiri melalui sektor usaha yang digeluti. Begitu pula ke depannya, Bontang sebagai sentra UMKM di Kalimantan Timur dapat terwujud seiring meningkatnya jumlah pelaku usaha dari seluruh sektor yang ada, dan mampu bertransformasi ke iklim digital sebagai pengembangan potensi pasar untuk menyasar konsumen dengan lebih luas.

"Melalui kehadiran Borneos.co dan KamiUMKM.com, kami berharap pelaku UMKM di Kota Bontang bisa terfasilitasi dengan lebih baik sehingga mampu berdampak terhadap kesejahteraan dan peningkatan ekonomi masyarakat," pungkas Najirah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kaltim
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top