Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ambisi Baru Pemkot Balikpapan, Ini Tawarannya

Balikpapan berencana menggandeng sejumlah daerah yang berada di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II beserta para investor yang kerap melewatinya.
Salah satu sudut pemandangan dari tepi pantai saat senja Kota Balikpapan, Kalimantan Timur./Bisnis-Muhammad Mutawallie Syarawie
Salah satu sudut pemandangan dari tepi pantai saat senja Kota Balikpapan, Kalimantan Timur./Bisnis-Muhammad Mutawallie Syarawie

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan tengah berambisi meyakinkan potensi MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) kepada para investor melalui penyelenggaraan event berskala internasional.

Kepala Bidang Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Balikpapan Elok Elvia menyatakan berencana menggandeng sejumlah daerah yang berada di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II beserta para investor yang kerap melewatinya.

“Oktober 2023, rencana jadi tuan rumah penyelenggaraan ALKI II Investment Forum. Kami ingin mengajak daerah provinsi yang terletak di alur laut kepulauan Indonesia II untuk ikut terlibat itu, termasuk investor dari beberapa Negara yang melewati ALKI II,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (6/12/2022).

Dia menambahkan, dalam kegiatan tersebut rencananya akan ada forum sharing diskusi, pameran investasi seluruh Indonesia dan pesona batik nusantara yang mengundang istri kepala daerah untuk mengenalkan batik masing-masing daerah dengan konsep fashion week.

Kita pengen menunjukkan Balikpapan emang layak jadi kota MICE, hotel-hotelnya mumpuni, terus transportasinya ada. [Kita mau] nunjukkin Balikpapan bisa jadi event pelaksanaan nasional dan dunia, bukan hanya di Bali,” ujarnya.

Selain itu, Elok menyebutkan akan menggandeng sejumlah kementerian/lembaga dan perwakilan Bank Indonesia di luar negeri untuk mengundang investor datang ke Balikpapan.

Dia menjelaskan, selama ini titik nol IKN (IKN) sudah cukup menjual untuk menarik sejumlah wisatawan datang ke Balikpapan, khususnya penyelenggaraan rapat pemerintah.

“Karena yang tadinya harus (rapat) di Jakarta, tapi karena itu (IKN Nusantara) pindah di Balikpapan. Ya membantu juga untuk PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kota Balikpapan,” jelasnya.

Pariwisata Bahari

Di sisi lain, pesona bahari Kota Balikpapan menjadi potensi lainnya yang akan dikembangkan dengan tersedianya Kapal Pinisi Pusaka Indonesia, yang mengajak wisatawan menikmati kegiatan susur Teluk Balikpapan.

Selain itu, Elok mengungkapkan bahwa pihaknya turut berperan membantu daerah tetangga menawarkan Kepulauan Balabalagan kepada wisatawan yang masuk ke Balikpapan.

Secara administrasi, Kepulauan Balabalagan termasuk dalam wilayah Kecamatan Bala Balakang, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat dengan luas wilayah 1,47 km2 dan hanya berjarak sekitar 141 kilometer dari kota Balikpapan.

“Jadi treatment dari Balikpapan. Landing di sini, nginap di sini, kapal kita sediakan, belanja di sini, makan di sini, pramuwisatanya dari sini, begitu,” katanya

Adapun, dia menuturkan bahwa Pemkot Balikpapan memiliki RUPM (Rencana Umum Penanaman Modal) yang berfokus untuk lima sektor yaitu, industri, jasa, pariwisata, pendidikan dan kebudayaan.

Salah satunya adalah green investment tadi, kita sedang mempersiapkan perdanya, nanti ada Perwali yang mengatur regulasinya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler