Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Dukung Pengembangan UMKM dan Seni Budaya, Pupuk Kaltim Gelar Pertunjukan Kuda Lumping di Pujasera NPK Pelangi

Kegiatan ini merupakan kesinambungan upaya Pupuk Kaltim dalam melestarikan budaya tradisional melalui hiburan pertunjukan.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 09 Januari 2023  |  18:53 WIB
Dukung Pengembangan UMKM dan Seni Budaya, Pupuk Kaltim Gelar Pertunjukan Kuda Lumping di Pujasera NPK Pelangi
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) gelar pertunjukan kuda lumping Rogo Suro Wijoyo, di Pujasera NPK Pelangi Kelurahan Loktuan Bontang Utara, Sabtu (7/1/2023). - JIBI/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, BONTANG—Tingkatkan dukungan terhadap pelestarian seni budaya dan pengembangan UMKM lokal, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) gelar pertunjukan kuda lumping Rogo Suro Wijoyo, di Pujasera NPK Pelangi Kelurahan Loktuan Bontang Utara, Sabtu (7/1/2023).

Staf Departemen TJSL Pupuk Kaltim Muhammad Ridwan mengungkapkan kegiatan ini merupakan kesinambungan upaya Pupuk Kaltim dalam melestarikan budaya tradisional melalui hiburan pertunjukan, sebagai wujud kedekatan perusahaan dengan masyarakat. Lokasi sengaja dipilih di Pujasera NPK Pelangi yang merupakan binaan Pupuk Kaltim, agar makin dikenal dan menarik lebih banyak kunjungan masyarakat, sehingga terus berdampak terhadap omzet dan perekonomian pelaku UMKM yang difasilitasi di lokasi tersebut.

"Ini salah satu bentuk komitmen Pupuk Kaltim dalam pengembangan UMKM lokal agar terus berkembang. Saat ini ada 12 pelaku usaha yang difasilitasi berjualan di Pujasera NPK Pelangi, dan diharap makin bertumbuh seiring meningkatnya kunjungan masyarakat," terang Ridwan.

Dijelaskan Ridwan, pujasera NPK Pelangi sengaja dibangun Pupuk Kaltim bagi pelaku UMKM di Kelurahan Loktuan, mulai dari usaha makanan dan minuman hingga kebutuhan lainnya. Sarana ini juga bentuk perhatian Pupuk Kaltim terhadap pengembangan UMKM agar lebih berdaya dan mandiri, sekaligus realisasi komitmen pemberdayaan dan pembinaan bagi masyarakat sekitar perusahaan.

“Dengan berbagai kegiatan maupun pertunjukan seni yang digelar, masyarakat dapat semakin mengenal dan datang ke pujasera NPK Pelangi, sehingga terus berdampak terhadap pendapatan pelaku UMKM binaan yang difasilitasi,” tandas Ridwan.

Melalui pujasera ini, para pelaku UMKM binaan diharap dapat menjalankan usaha dengan lebih baik, sehingga roda perekonomian mampu berkembang seiring tingkat kunjungan dan minat masyarakat untuk berbelanja. "Hal ini juga bagian dari fokus TJSL Pupuk Kaltim sesuai amanat Kementerian BUMN, salah satunya meningkatkan kontribusi untuk penguatan UMKM di berbagai sektor agar makin tumbuh dan berkembang," tambah Ridwan.

Wakil Wali Kota Bontang Najirah, yang turut hadir pada kesempatan itu mengapresiasi kesinambungan komitmen Pupuk Kaltim untuk terus berperan dalam mendorong pengembangan UMKM di Kota Bontang. Menurut dia, keberadaan pujasera NPK Pelangi ini sejalan dengan visi misi Pemkot Bontang, khususnya dalam mendorong penguatan UMKM lokal agar lebih berdaya saing. Dari hal ini kemandirian masyarakat diharap mampu tercapai, melalui pembinaan sektor usaha dan fasilitas memadai yang didukung penuh Pupuk Kaltim.

"Selain itu, pertunjukan kuda lumping ini juga sebagai upaya pelestarian kesenian tradisional dengan memberikan hiburan bagi masyarakat. Terima kasih kepada Pupuk Kaltim yang senantiasa peduli dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat Bontang," ungkap Najirah.

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) gelar pertunjukan kuda lumping Rogo Suro Wijoyo, di Pujasera NPK Pelangi Kelurahan Loktuan Bontang Utara, Sabtu (7/1/2023)./JIBI-Istimewa

Dirinya berharap kegiatan seperti ini dapat terus terlaksana dalam mendorong ekonomi kerakyatan di Kota Bontang, sehingga mampu mendorong peningkatan kesejahteraan serta kualitas sumberdaya manusia sebagai modal dasar pembangunan daerah. Begitu juga Pemkot Bontang, berkomitmen untuk terus bersinergi dengan Pupuk kaltim dalam memperkuat keberadaan pelaku UMKM, sebagai sektor ekonomi kreatif yang memiliki potensi untuk dikembangkan.

"Semoga dengan keterlibatan Pupuk Kaltim bersama pemerintah dan seluruh pihak terkait lainnya, sektor UMKM di Kota Bontang dapat semakin berkembang dalam mewujudkan masyarakat mandiri dan sejahtera," tutur Najirah.

Pertunjukan kuda lumping ini menjadi hiburan tersendiri bagi ratusan masyarakat yang hadir memadati Pujasera NPK Pelangi, sambil menikmati berbagai jenis kuliner dari UMKM binaan Pupuk Kaltim. Salah satunya Rahmad Budiono, yang mengaku sangat antusias dengan pertunjukan seni kuda lumping karena terbilang jarang di Kota Bontang.

Sebagai warga keturunan Jawa, dirinya menyebut kegiatan seni budaya seperti ini sangat ditunggu sebagai pengobat rindu akan kampung halaman dan berharap dapat terus terselenggara kedepannya. "Saya juga datang bersama keluarga untuk kulineran, menu makanan di pujasera ini banyak. Semoga Pupuk Kaltim terus menggelar kegiatan seperti ini, karena masyarakat sangat terhibur dan pedagang pun mendapat berkah," ucap Rahmad

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kaltim
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top