Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Mulai Berlakukan KTP Digital di Kota Balikpapan

Tahap awal penerapan identitas kependudukan digital menyasar pejabat pemerintah kota dan instansi terkait.
Ilustrasi KTP elektronik atau e-KTP./Dirjen Dukcapil Kemendagri
Ilustrasi KTP elektronik atau e-KTP./Dirjen Dukcapil Kemendagri

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan mulai memberlakukan KTP digital secara terbatas.

Kepala Disdukcapil Balikpapan Hasbullah Helmi mengatakan, pada tahap awal penerapan identitas kependudukan digital menyasar pejabat pemerintah kota dan instansi terkait.

“Sudah jalan dan ini bertahap, diawali pegawai negeri sipil (PNS) dulu. Sudah ada sekitar 1.600 yang kita registrasi, jadi mereka sudah punya KTP digital,” ujarnya yang dikutip, Rabu (22/2/2023).

Sebagai informasi, Identitas Kependudukan Digital (Digital Id) merupakan informasi elektronik yang merepresentasikan dokumen kependudukan secara digital yang merupakan program pemerintah pusat dalam memudahkan masyarakat terkait pelayanan publik.

Helmi menyebutkan, KTP digital mudah digunakan dan disimpan melalui gawai pintar. Selain itu, masyarakat diuntungkan karena pembuatan lebih cepat, tidak perlu dicetak menggunakan blangko, dan tidak perlu disimpan di dalam dompet.

“Tidak perlu ada fotokopi KTP untuk mengakses layanan publik, lebih aman dari pemalsuan data penduduk dan tidak ada lagi masalah KTP hilang,” sebutnya.

Kendati demikian, Hasbullah mengungkapkan bahwa pihaknya tetap memberikan layanan secara fisik atau manual dengan tetap memberikan layanan penerbitan e-KTP dalam bentuk fisik.

“Bagi yang butuh KTP manual atau bentuknya fisik tetap kita cetak juga, blankonya masih ada. Untuk kapan enggak nyetak lagi yang manual, kita masih belum tahu,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tengah melakukan uji coba KTP elektronik (e-KTP) digital yang dilengkapi QR Code itu.

Uji coba e-KTP digital telah dilakukan oleh Kemendagri yang dimulai di 58 kabupaten dan kota di Indonesia sejak 2021 dan akan diterapkan secara bertahap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper