Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akhir Februari 2023, Harga Bapok Kaltim Cenderung Naik

Harga komoditas bahan pokok di Provinsi Kalimantan Timur, khususnya seluruh pasar di Kota Samarinda terpantau cenderung naik dibandingkan minggu sebelumnya.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Harga komoditas bahan pokok di Provinsi Kalimantan Timur, khususnya seluruh pasar di Kota Samarinda terpantau cenderung naik dibandingkan minggu sebelumnya pada pekan terakhir Februari 2023.

Beberapa komoditas seperti beras premium, gula pasir curah, minyak goreng curah, minyak goreng kemasan, bawang merah, daging ayam, cabai merah besar, cabai merah keriting, cabai rawit merah, dan cabai rawit hijau.

Sedangkan, untuk komoditas seperti beras medium, beras termurah, dan telur ayam ras, terdapat fluktuasi harga yang tidak terlalu signifikan.

Dikutip dari Sistem Informasi Perdagangan Kalimantan Timur, berikut daftar sejumlah harga bahan pokok, per Jumat (24/2/2023). Berikut daftar Harga Sembako:

Beras

Bahan pokok beras yang tersedia memiliki jenis dan tingkat kualitas berbeda. Beras Medium dan Beras Premium mengalami kenaikan harga dari tanggal 20-24 Februari, dengan kenaikan tertinggi pada Beras Premium dari Rp 13.343 menjadi Rp 14.125 per kilogram.

Kemudian, Beras Termurah memiliki harga stabil sepanjang pekan ini.

Daging Ayam Ras 

Harga daging ayam ras melonjak dari Rp 33.500 per kilogram menjadi Rp 40.000 per kilogram pada hari ini. 

Gula Pasir 

Harga gula pasir curah selama seminggu tergolong stabil di harga terakhir Rp14.500 per kilogram.

Minyak Goreng Kemasan Sederhana 

Minyak goreng jenis curah dan kemasan sederhana lazim digunakan untuk kebutuhan menggoreng dan mengolah bahan makanan oleh masyarakat di Kaltim. Minyak Goreng Curah mengalami fluktuasi harga yang stabil dengan kenaikan harga pada tanggal 22-24 Februari dari Rp 15.000 menjadi Rp 15.000 per liter.

Telur Ayam Ras 

Tren harga telur ayam ras selama seminggu tergolong stabil. Telur Ayam Ras sempat mengalami fluktuasi dengan penurunan harga pada tanggal 21-22 Februari dari Rp 33.500 menjadi Rp 32.400 per kilogram.

Bawang Merah 

Tren harga Bawang Merah mengalami fluktuasi harga yang stabil sepanjang pekan ini. Harga terakhir tercatat senilai Rp38.333, dimana harga tertinggi selama sepekan adalah Rp41.500. 

Cabai Merah Besar 

Harga cabai merah besar mengalami kenaikan pada tanggal 20 Februari 2023, lalu cenderung stabil dan mengalami kenaikan tipis pada tanggal 23 Februari 2023. 

Secara keseluruhan, harga cabai merah besar selama seminggu ini relatif stabil dengan kisaran harga antara Rp 44.667 - Rp 45.667.

Cabai Merah Keriting 

Harga cabai merah keriting selama seminggu ini relatif stabil dengan kisaran harga antara Rp 39.333 - Rp 41.333.

Cabai Rawit Merah 

Harga cabai rawit merah mengalami fluktuasi yang cukup signifikan. Pada tanggal 19 Februari 2023, harga cabai rawit merah mencapai puncaknya di harga Rp 47.500, lalu turun cukup tajam pada tanggal 20 Februari 2023. Setelah itu, harga cabai rawit merah stabil dan naik tipis pada tanggal 23 Februari 2023. Secara keseluruhan, harga cabai rawit merah selama seminggu ini relatif stabil dengan kisaran harga antara Rp 41.000 - Rp 47.500.

Cabai Rawit Hijau 

Harga cabai rawit hijau tidak mengalami perubahan signifikan selama seminggu ini. Harga cabai rawit hijau stabil di angka Rp 60.000.

Secara keseluruhan, tren harga komoditas pada Sistem Informasi Perdagangan pada minggu tersebut cenderung naik untuk beberapa komoditas seperti beras premium, gula pasir curah, minyak goreng curah, minyak goreng kemasan, bawang merah, daging ayam, cabai merah besar, cabai merah keriting, cabai rawit merah, dan cabai rawit hijau.

Sedangkan, untuk komoditas seperti beras medium, beras termurah, dan telur ayam ras, terdapat fluktuasi harga yang tidak terlalu signifikan.

Perlu diingat bahwa analisis ini hanya didasarkan pada data satu minggu, sehingga perlu diperhatikan perubahan harga yang dapat terjadi pada waktu-waktu berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper