Balikpapan Kekurangan Guru

Keputusan Menpan-RB untuk melarang penambahan tenaga honorer menjadi kendala dalam rencana penambahan tenaga pengajar.
Siswa melakukan proses belajar./Bisnis-Suselo Jati
Siswa melakukan proses belajar./Bisnis-Suselo Jati

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan tengah berupaya untuk mengatasi kekurangan tenaga pengajar di beberapa sekolah di Kota Balikpapan. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan Irfan Taufik menyatakan akan meminta izin dari Menpan-RB untuk dapat menambah jumlah tenaga honorer tenaga pendidik atau guru.

“Berikan saya kesempatan bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, untuk bertemu dengan kawan-kawan di Kemenpan RB untuk meminta, apakah tenaga pengajar diperbolehkan menambah atau tidak,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis, Sabtu (4/3/2023).

Dia menyebutkan, keputusan Menpan-RB untuk melarang penambahan tenaga honorer menjadi kendala dalam rencana tersebut.

Namun demikian, Disdikbud telah berhasil membantu mengatasi masalah kekurangan tenaga pengajar dengan bantuan 1.000 tenaga P3K saat ini.

Irfan menerangkan bahwa mereka masih mencari tahu masalah terkait kekurangan tenaga pendidik di sekolah, baik itu masalah guru yang berhenti atau memang tidak ada tenaga pendidik yang mencukupi.

"Saat ini, pihak kami sedang mencoba mencari solusi terlebih dahulu di Menpan RB, apakah memungkinkan atau tidak. Kalau dunia pendidikan kami tidak bisa menemui kuota tenaga pendidiknya, juga tidak akan maju-maju," terangnya.

Irfan berharap agar pihak Menpan-RB dapat memberikan izin untuk menambah jumlah tenaga honorer tenaga pendidik atau guru guna mengatasi kekurangan di Kota Minyak tersebut ke depannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler