Soal Kinerja Ekonomi Kaltim, Ini Kata Bank Indonesia

Survei konsumen (SK) yang dilakukan di Provinsi Kalimantan Timur menunjukkan bahwa optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap terjaga.
Ilustrasi./Bisnis-Abdullah Azzam
Ilustrasi./Bisnis-Abdullah Azzam

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Bank Indonesia mencatat Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) mencapai 141,3, yang berada di atas level optimistis (indeks >100) pada Februari tahun 2023.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur Ricky P. Gozali menyatakan Survei Konsumen (SK) yang dilakukan di Provinsi Kalimantan Timur menunjukkan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi tetap terjaga.

Dia menambahkan, ekspektasi konsumen di Provinsi Kalimantan Timur terhadap kondisi ekonomi 6 bulan ke depan di bulan Februari 2023 terpantau masih tetap kuat.

“Hal tersebut didukung oleh Indeks Ekonomi Saat ini (IKE) sebesar 136,7 dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sebesar 145,8, menunjukkan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ke depan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (13/3/2023).

Dia mengungkapkan bahwa tetap terjaganya optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini didasarkan pada penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan pembelian barang tahan lama.

Sementara itu, ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan didasarkan pada penghasilan, kegiatan usaha, dan ketersediaan lapangan kerja.

Gozali berharap bahwa pemerintah dapat mempertahankan pertumbuhan ekonomi dengan menjaga iklim investasi dan memperkuat struktur ekonomi daerah.

“Momentum tetap solidnya IKE dan IEK tersebut diharapkan mampu diimbangi kondusivitas perekonomian Kalimantan Timur melalui penguatan pembangunan ekonomi yang inklusif untuk Kaltim berdaulat,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler