Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penumpang Angkutan Laut di Samarinda Tahun Ini Tertinggi Sejak 2019

Jumlah penumpang angkutan laut di Kota Samarinda tahun 2023 diklaim menjadi yang tertinggi dalam empat tahun terakhir.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Jumlah penumpang angkutan laut di Kota Samarinda tahun 2023 diklaim menjadi yang tertinggi dalam empat tahun terakhir.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Samarinda Letkol Marinir Triyanto menyatakan jumlah penumpang mengalami peningkatan sekitar 32 persen dibandingkan tahun sebelumnya

“68 persen lebih tinggi dibandingkan tahun 2019 sebelum pandemi,” ujarnya yang dikutip, Rabu (26/4/2023).

Sementara itu, puncak arus balik penumpang angkutan transportasi kapal laut di Pelabuhan Samarinda diprakirakan terjadi pada Kamis, 27 April 2023.

Dia menambahkan, 27 April menjadi kloter pertama arus balik dari Parepare ke pelabuhan Samarinda, diikuti 30 April, dan 1 Mei 2023.

Menurutnya, belum ada penumpang yang kembali ke Samarinda hingga hari ini mengingat belum ada jadwal kapal dari Parepare ke Samarinda.

Triyanto mengungkapkan bahwa kapal yang akan tiba dari Parepare ke Samarinda pada Kamis memiliki kapasitas 1.800 penumpang.

“KSOP telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Kepolisian Resort terkait persiapan arus lalu lintas,” ungkapnya.

Pelabuhan Samarinda sendiri memiliki trayek ke Parepare dan sebaliknya, dengan empat armada yang melayani rute tersebut, tiga di antaranya khusus penumpang dan satu untuk barang. 

Sebagaimana diketahui, perjalanan antara Samarinda dan Parepare memerlukan waktu sekitar 16 hingga 18 jam.

Adapun, Triyanto menyampaikan pihaknya telah melakukan langkah-langkah antisipasi dan persiapan angkutan lebaran sejak dua bulan lalu, termasuk melakukan pemeriksaan kapal yang akan digunakan untuk angkutan lebaran tahun ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper