Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabupaten PPU dan Kukar Destinasi Terfavorit Wisatawan Selama Lebaran di Kaltim

Tren pariwisata selama liburan Idulfitri 1444 H di Kaltim menunjukkan bahwa wisata pantai menjadi primadona bagi wisatawan.
Pulau Derawan
Pulau Derawan

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mencatatkan rata-rata tertinggi jumlah kunjungan wisatawan dalam rangka liburan Hari Raya Idulfitri 1444 H atau Lebaran 2023 di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). 

Secara spasial, kabupaten yang menjadi lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ini mencapai puncak popularitas dengan rata-rata jumlah pengunjung mencapai 9.987,83 pengunjung per destinasi wisata.

Berdasarkan Rekapitulasi Pergerakan Data Kunjungan Wisatawan Selama Liburan Hari Raya Idulfitri Kaltim 2023 per 27 April 2023, Serambi Nusantara menunjukkan peningkatan jumlah wisatawan yang signifikan, terutama di Salo Loang + Pejala (Tanjung Jumlai), Pantai Istana Amal, dan Tanjung Tengah + Pantai Corong.

Kemudian, Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi kabupaten dengan jumlah wisatawan terbanyak (87,154 pengunjung), diikuti oleh Penajam Paser Utara (59,927 pengunjung), dan Kabupaten Berau (22,852 pengunjung).

Selain itu, beberapa destinasi wisata terpopuler selama liburan Idulfitri di Provinsi Kalimantan Timur adalah Tulung Ni Lenggo dan Pulau Derawan di Kabupaten Berau, Pantai Manggar di Balikpapan, Masjid Shirotol Mustaqim dan Jessica Park di Samarinda.

Secara keseluruhan, tren pariwisata selama liburan Idulfitri 1444 H di Kaltim menunjukkan bahwa wisata pantai menjadi primadona bagi wisatawan, diikuti oleh wisata alam seperti air terjun, danau, dan taman.

Sebagai perbandingan, destinasi pantai di Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi yang terpopuler dengan total 70,093 pengunjung selama liburan Idulfitri 1444 H tahun 2023, diikuti oleh Kabupaten Penajam Paser Utara dengan total 57,601 pengunjung, dan Kota Balikpapan dengan total 17,514 pengunjung.

Secara spesifik, Pantai Panrita Lopi di Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi pantai dengan jumlah kunjungan tertinggi, diikuti oleh Salo Loang + Pejala (Tanjung Jumlai) di Penajam Paser Utara, dan Pantai Manggar Segara Sari di Balikpapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper