Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Uji Emisi Kendaraan Gratis di Balikpapan, Berikut Lokasinya

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan menggelar kegiatan uji emisi kendaraan bermotor hingga 11 Mei 2023.
Petugas melakukan uji emisi kendaraan bermotor. /JIBI
Petugas melakukan uji emisi kendaraan bermotor. /JIBI

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan menggelar kegiatan uji emisi kendaraan bermotor hingga 11 Mei 2023 dengan target 2.500 unit kendaraan. 

Pengujian ini dilakukan di tiga titik lokasi, yaitu Embarkasi Haji Batakan pada 9 Mei, Telkom MT Haryono pada 10 Mei, dan HSSE Center Demo Room Karang Anyar pada 11 Mei.

Kepala DLH Kota Balikpapan Sudirman Djayaleksana, menegaskan bahwa kegiatan uji emisi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik mengenai emisi gas buang kendaraan mereka.

"Kalau udara semakin bersih, maka kesehatan kita semakin bagus. Kalau kesehatan masyarakat bagus, berarti kesejahteraan masyarakatnya juga bagus," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (10/5/2023).

Dia menambahkan, uji emisi kendaraan bermotor ini diadakan dari pukul 08.00 hingga 16.00 WITA.

Sudirman menjelaskan hasil pengujian ini dapat menunjukkan kinerja mesin kendaraan melalui monitor khusus, termasuk tingkat efisiensi pembakaran dalam mesin sebagai bagian dari upaya menekan laju pencemaran udara.

“Efisiensi pembakaran yang baik dipengaruhi oleh perawatan kendaraan secara berkala, penggunaan bahan bakar yang irit dan ramah lingkungan,” jelasnya.

Selain itu, penggunaan bahan bakar ramah lingkungan akan berdampak positif pada kualitas emisi yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor.

Sudirman mengungkapkan bahwa uji emisi ini juga diwajibkan untuk semua kendaraan dinas di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, sebagaimana Surat Edaran Wali Kota Balikpapan Nomor 660.32/0735/DLH tentang imbauan melakukan uji emisi bagi kendaraan dinas roda empat Pemerintah Kota Balikpapan.

Sebagaimana diketahui, hasil uji emisi pada hari pertama menunjukkan bahwa mayoritas kendaraan yang diuji berhasil memenuhi standar emisi yang ditetapkan.

Meski demikian, kendaraan berbahan bakar diesel memiliki tingkat kegagalan uji emisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar gasoline.

Fakta bahwa seluruh kendaraan dinas yang diuji lulus uji emisi menandakan bahwa kendaraan tersebut telah terawat dengan baik sesuai standar emisi yang berlaku.

Dalam rangka menjaga udara yang bersih, Sudirman mengajak masyarakat untuk merawat kendaraan bermotor secara rutin, menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan, serta melakukan uji emisi secara berkala.

"Mari kita bersama-sama menjaga kualitas udara di Kota Balikpapan dengan melakukan perawatan kendaraan dan menggunakan bahan bakar ramah lingkungan," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper