Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konsumen Masih Optimistis, Indeks Masa Depan Perekonomian Kaltim Cerah

Optimisme konsumen terhadap perekonomian Kalimantan Timur masih kokoh di April 2023.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Optimisme konsumen terhadap perekonomian Kalimantan Timur masih kokoh di April 2023.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Kaltim Ricky P Gozali menyatakan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) tercatat mencapai 132,6 atau menunjukkan keyakinan yang tinggi (>100) menurut Survei Konsumen Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“IKK yang kuat berasal dari Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) sebesar 127,0 dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sebesar 138,2,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (11/5/2023).

Ricky menjelaskan, keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini di Kaltim terlihat dari IKE, yang mencerminkan optimisme mengenai ketersediaan lapangan kerja saat ini, penghasilan saat ini, dan pembelian barang tahan lama.

“Hal ini didorong oleh pemulihan ekonomi pasca pandemi, peningkatan belanja barang elektronik, serta belanja furnitur dan perabotan rumah tangga,” jelasnya.

Di sisi lain, ekspektasi konsumen terhadap masa depan perekonomian di Kaltim juga terpantau kuat, dengan IEK mencapai 138,2.

Optimisme ini berasal dari ekspektasi terkait penghasilan, kegiatan usaha, dan ketersediaan lapangan kerja. Ekspektasi positif ini didorong oleh peningkatan omzet, upah, stabilitas harga, peningkatan subsidi/insentif pemerintah, dan proyek pemerintah/swasta.

Ricky menekankan pentingnya menciptakan kondisi ekonomi yang kondusif untuk mengimbangi optimisme konsumen tersebut.

"Diharapkan perekonomian Kalimantan Timur dapat terus berkembang melalui pembangunan ekonomi yang menyeluruh, menciptakan Kalimantan Timur yang lebih berdaulat," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper