Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meski Zona Hijau, Pemprrov Kaltara Bentuk Satgas PMK Jelang Iduladha

Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak menjelang Iduladha.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak menjelang Iduladha.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kaltara Heri Rudiyono menyatakan langkah preventif ini diperkuat sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk mencegah penyebaran PMK, saat konsumsi daging hewan ternak di masyarakat meningkat pesat. 

Dalam dua tahun terakhir, dia menyebutkan Kaltara telah sukses menjaga statusnya sebagai zona hijau untuk PMK, dengan tidak ditemukannya kasus PMK pada hewan ternak.

Kendati demikian, pemerintah daerah tetap melakukan pengawasan intensif terhadap kesehatan hewan ternak, baik lokal maupun yang berasal dari luar daerah.

"Dengan sistem pengawasan ketat dan sosialisasi yang aktif, diharapkan penyebaran PMK di wilayah Kaltara dapat terkendali, khususnya menjelang Iduladha 2023," ujarnya yang dikutip, Kamis (25/5/2023).

Adapun, dia menuturkan bahwa sosialisasi dan edukasi PMK di antara pemilik hewan, pengusaha, dan peternak juga telah ditingkatkan.

“Pemerintah berharap bahwa dengan langkah-langkah pencegahan ini, termasuk kehati-hatian dalam menggembalakan hewan ternak di alam bebas, Kaltara bisa bertahan dari ancaman PMK,” pungkasnya.

Sebagai informasi, PMK adalah penyakit infeksi akut yang sangat menular pada hewan berkuku genap atau belah, seperti sapi, kerbau, kambing, dan domba.

Gejala-gejalanya termasuk demam tinggi, penurunan nafsu makan, lemah, dan luka lepuh di lidah, hidung, dan rongga mulut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler