Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Balikpapan Tak Dapat DAK Infrastruktur, Kepala Dinas PU: Kami Ini Kan Penunjang IKN

Pemerintah Kota Balikpapan tidak mendapatkan bantuan dana alokasi khusus (DAK) untuk infrastruktur dari pemerintah pusat.
Pembangunan IKN Nusantara/Istimewa
Pembangunan IKN Nusantara/Istimewa

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan tidak mendapatkan bantuan dana alokasi khusus (DAK) untuk infrastruktur dari pemerintah pusat tahun ini.

Padahal kota ini merupakan salah satu kota teras yang mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Balikpapan, Rita menyatakan setiap tahunnya Pemkot Balikpapan selalu mendapatkan DAK untuk perbaikan jalan, namun tahun ini tidak ada sama sekali.

“Kami sudah mengajukan usulan dan melengkapi data-data yang dibutuhkan, tapi ternyata tidak ada alokasi DAK untuk kami. Padahal kami ini kan penunjang IKN,” ujarnya baru-baru ini.

Menurut Rita tanpa adanya DAK, Pemkot Balikpapan akan kesulitan untuk memperbaiki jalan-jalan yang rusak atau berlubang di beberapa titik.

Apalagi, kondisi jalan di Balikpapan semakin memburuk akibat curah hujan yang tinggi dan lalu lintas yang padat.

“Kami masih mengusulkan anggaran perbaikan jalan dalam APBD Perubahan tahun ini, tapi masih dalam proses pembahasan,” terang Rita. 

Dia berharap, alokasi dana tersebut dapat segera terealisasi karena banyak jalan yang membutuhkan hotmix. 

“Ada di Kecamatan Tengah, ada di Kecamatan Balikpapan Kota, dan di Ringroad juga ada pekerjaan sekarang,” ujarnya.

Meski tidak mendapatkan DAK, Rita mengaku masih mendapat bantuan dana Inpres untuk pembangunan dan perbaikan jalan Inpres. Namun, proyek tersebut dikerjakan langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Ya kami dapat dana Inpres untuk pekerjaan jalan di Jalan Proklamasi, tapi bukan kami yang pelaksana. Itu langsung dari pusat,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper