Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Okupansi Hotel Kaltim Sentuh Posisi Tertinggi Kedua Nasional pada Juli 2023

Kondisi tingkat penghunian hotel hotel berklasifikasi bintang tertinggi ini sudah terjadi pada beberapa bulan.
Ilustrasi hotel.Freepik
Ilustrasi hotel.Freepik

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Tingkat penghunian kamar (TPK) hotel klasifikasi bintang Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berada di posisi kedua nasional pada Juli 2023.

Pada periode tersebut, TPK hotel klasifikasi bintang di Kaltim mencapai 63,04 persen, naik 0,66 poin dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Jika dibandingkan dengan Juli 2022, TPK juga mengalami kenaikan sebesar 1,81 poin.

Ketua Tim Statistika Distribusi BPS Provinsi Kaltim Marinda Dama Prianto menyatakan kondisi TPK hotel berklasifikasi bintang tertinggi ini sudah terjadi pada beberapa bulan.

“Terutama dapat digambarkan pada sulitnya kita mencari hotel semenjak adanya pembangunan pada pusat kota di IKN dan juga adanya pembangunan di Pertamina. Dapat kita lihat tingkat padatnya penghunian kamar hotel,” ujarnya baru-baru ini.

Sebagaimana diketahui, Bali memiliki TPK hotel berbintang paling tinggi secara nasional, yaitu mencapai 63,60 persen.

Kemudian, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) tercatat sebanyak 523 kunjungan ke Kaltim atau naik 33,76 persen dibandingkan dengan Juni 2023. Jika dibandingkan dengan Juli 2022, kunjungan wisman juga naik secara signifikan sebesar 220,86 persen.

Selain pariwisata, Kaltim juga mencatat kinerja baik di bidang transportasi. Jumlah penumpang angkutan udara domestik pada Juli 2023 sebanyak 226.738 orang, naik 28,53 persen dibandingkan dengan periode Januari-Juli 2022.

Jumlah penumpang angkutan udara internasional pada periode yang sama tahun ini melonjak tajam sebesar 783,81 persen, dari 2.625 orang menjadi 23.200 orang.

Sedangkan, jumlah penumpang angkutan laut dalam negeri pada Juli 2023 sebanyak 51.299 orang, naik 23,05 persen dibandingkan dengan periode Januari-Juli 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper