Kutai Kertanegara Kembangkan Pertanian Modern Jaga Ketahanan Pangan

Dalam rangka membangun ketahanan pangan di wilayah Kalimantan Timur, maka pemerintah merencanakan pertanian modern.
Jembatan Kutai Kartanegara/skyscrapercity.com
Jembatan Kutai Kartanegara/skyscrapercity.com

Bisnis.com, BALIKPAPAN ––  Pemerintah Provinsi bersama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dan pemilik Izin Usaha Pertambangan (IUP) sepakat untuk mengembangkan sistem pertanian modern.

Penjabat (Pj.) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik menyatakan hal tersebut dilakukan dalam rangka membangun ketahanan pangan di wilayah Kalimantan Timur.

“Kita berdiskusi tadi membicarakan bagaimana nanti Kutai Kartanegara bisa menjadi percontohan kontribusi dari pemilik tambang untuk membangun ketahanan pangan di Kaltim,” ungkap Akmal Malik,” ujarnya usai menggelar pertemuan Executive Meeting di De Boekit Villas, Hambalang, Kabupaten Bogor, Selasa (16/1/2024).

Untuk melihat contoh nyata dari sistem pertanian modern, Akmal Malik bersama Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah dan sekitar 40 pemilik IUP mengunjungi beberapa greenhouse dan peternakan domba di wilayah Hambalang.

“Tadi kami sudah ajak jalan ke beberapa greenhouse dan juga peternakan domba di wilayah ini. Mudah-mudahan itu bisa kita kembangkan di Kaltim dan insyaallah Pak Bupati sudah menyiapkan lahan sekitar 50 hektare di wilayah Kutai Kartanegara,” jelasnya.

Dia menambahkan, pertemuan ini merupakan langkah awal untuk membangun sinergi dan kolaborasi antara pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, dan swasta dalam upaya peningkatan ketahanan pangan di Kaltim.

“Kami yakin dengan kontribusi teman-teman swasta, pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi, kita akan bisa membangun ketahanan di Kaltim,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler