Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Kalteng Panen 4,7 Ton Udang Vaname di Shrimp Estate

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) berhasil melakukan panen parsial udang vaname di tambak Shrimp Estate.
Udang vaname/Bisnis
Udang vaname/Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) berhasil melakukan panen parsial udang vaname di tambak Shrimp Estate.

Sebelumnya, Gubernur Kalteng telah meluncurkan program Shrimp Estate BERKAH yang dirancang untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha perikanan, kontribusi pendapatan daerah, penyerapan tenaga kerja lokal, dan menjadikan udang vaname sebagai komoditas ekspor unggulan nasional.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalteng Darliansjah mengungkapkan bahwa panen parsial ini bertujuan untuk mengurangi kepadatan populasi udang, sehingga memacu pertumbuhan mereka.

Program yang berlokasi di Desa Sei Raja, Kabupaten Sukamara ini berhasil memanen sekitar 4,7 ton udang vaname, yang kemudian dipasarkan ke PT Bahari Makmur Sejati (BMS) di Serang, Banten.

““Berdasarkan laporan, panen kali ini mendapatkan sebanyak 4,7 ton lebih udang vaname dengan size 74 ekor/kg yang berasal dari sembilan petak kolam dengan jumlah tebar per kolam 264.000 ekor. Kami berharap panen parsial kedua dapat dilaksanakan pada 20 Mei 2024,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (10/5/2024).

Dia menambahkan, hasil panen ini merupakan langkah awal dalam pengembangan udang vaname sebagai produk unggulan di Kalimantan Tengah.

Sementara itu, Kepala Desa Sei Raja Abdul Hamid menyebutkan proses penyortiran udang melibatkan masyarakat setempat.

Udang yang telah dipanen langsung dijual dan dikirim ke PT BMS menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper