Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kalsel Fokus 6 Program Prioritas untuk Konservasi Kelautan dan Perikanan

Pemprov Kalsel telah menetapkan enam program prioritas untuk tahun 2024 dalam upaya memperkuat konservasi kelautan dan perikanan.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah menetapkan enam program prioritas untuk tahun 2024 dalam upaya memperkuat konservasi kelautan dan perikanan. 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel Rusdi Hartono mengungkapkan bahwa program-program ini diharapkan dapat mendukung kebijakan pembangunan lingkungan hidup yang berkelanjutan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.

“Program pertama akan fokus pada pengelolaan kelautan, pesisir, dan pulau-pulau kecil, dengan tujuan utama untuk memperkuat ekonomi masyarakat lokal,” ujarnya yang dikutip, Rabu (15/5/2024).

Program kedua akan mengelola kawasan konservasi laut, melindungi biodiversitas dan habitat penting bagi spesies ikan yang terancam punah. 

Dengan pendekatan yang inovatif, Rusdi menyebutkan program ketiga akan mendukung pengembangan kewilayahan berbasis klaster, mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi, dan budaya. 

Dia melanjutkan, program keempat adalah memperkuat pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan untuk mencegah aktivitas ilegal dan pencemaran.

“Program ini bertujuan untuk mencegah terjadinya tindak ilegal seperti pencurian ikan, pemakaian alat tangkap yang tidak sesuai peraturan dan pencemaran lingkungan laut,” terangnya.

Sementara untuk menjaga keberlanjutan sumber daya ikan, masuk ke program kelima, yaitu pengelolaan perikanan tangkap guna membantu meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil tangkapan, sekaligus meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Terakhir, program keenam akan fokus pada pengelolaan budidaya air tawar, yang bertujuan untuk meningkatkan produksi perikanan dan mengatasi kendala alam seperti pasang surut dan cuaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper