Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadi Pintu Gerbang Para Tamu Undangan HUT ke-79 RI di IKN, Begini Persiapan Balikpapan

Balikpapan mempersiapkan diri untuk menyambut tamu kenegaraan serta undangan dari berbagai daerah pada peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia tahun 2024.
Suasana senja di Ibu Kota Negara di penghujung Juli 2024./Bisnis - Akbar
Suasana senja di Ibu Kota Negara di penghujung Juli 2024./Bisnis - Akbar

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Balikpapan, sebagai kota penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, mempersiapkan diri untuk menyambut tamu kenegaraan serta undangan dari berbagai daerah pada peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia tahun 2024. 

Dengan peran penting sebagai tuan rumah, Balikpapan melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) sedang mempersiapkan berbagai kebutuhan, mulai dari perhotelan, kuliner hingga pariwisata.

Kepala DPOP Kota Balikpapan Ratih Kusuma mengungkapkan bahwa koordinasi dengan pihak perhotelan telah dilakukan untuk memastikan kesiapan akomodasi. 

"Kami telah mengadakan rapat dengan pihak perhotelan yang difasilitasi oleh Pemkot Balikpapan sebagai bagian dari persiapan menyambut tamu," ujarnya yang dikutip, Minggu (4/8/2024).

Tidak hanya akomodasi, Pemkot Balikpapan juga mempersiapkan penyambutan Bendera Pusaka Merah Putih dan teks proklamasi yang akan dikibarkan di Ibu Kota Nusantara. 

"Arahan dari Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim adalah untuk menyambut bendera merah putih dan teks proklamasi, serta menyiapkan tim rebana," tambahnya.

Ratih menambahkan, tim penyambutan dan para duta pariwisata akan dikerahkan untuk memastikan kelancaran acara. 

DPOP Balikpapan turut menawarkan berbagai destinasi wisata kota kepada para tamu, termasuk 10 destinasi yang disertakan dalam peta IKN. 

"Ada berbagai destinasi wisata menarik yang dapat dinikmati para tamu, mulai dari wisata bahari di Teluk Balikpapan hingga wisata kuliner," jelas Ratih.

Meski persiapan sudah matang, Ratih menegaskan bahwa DPOP Balikpapan akan terus mengawal semua persiapan hingga hari pelaksanaan upacara HUT RI di IKN. 

"Balikpapan sudah siap, namun kami akan terus mengawal kebutuhan yang diperlukan, termasuk antisipasi keluhan di bandara," pungkasnya. 

Adapun, dengan berbagai persiapan yang dilakukan, Balikpapan optimis dapat memberikan pengalaman yang berkesan bagi para tamu kenegaraan pada peringatan HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara tahun ini.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper