Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUT RI di IKN Nusantara, Asperda Kaltim Penuhi 100 Unit untuk Setpres

Permintaan kendaraan dari Sekretariat Presiden (Setpres) telah diajukan pada bulan Juli 2024 dan sudah dituangkan dalam Nota Kesepahaman pada bulan yang sama.
Toyota Alphard/Toyota.co.jp
Toyota Alphard/Toyota.co.jp

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Kehadiran Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara membawa berkah tersendiri bagi pengusaha rental mobil di Kalimantan Timur, khususnya permintaan tinggi menyambut Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia. 

Ketua DPD Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah Indonesia (Asperda) Kalimantan Timur Damun Kiswanto menyatakan permintaan kendaraan dari Sekretariat Presiden (Setpres) telah diajukan pada bulan Juli 2024 dan sudah dituangkan dalam Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) pada bulan yang sama. 

"Jumlah kendaraan yang terkontrak sekitar 100 unit, dan itu sudah dibayar di muka sebesar 50 persen dari nilai kontrak," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (4/8/2024).

Dia menambahkan, permintaan kendaraan dari Setpres mencakup beragam jenis kendaraan, dengan mayoritas adalah Hi-Ace Premio, Commuter, dan Luxury, diikuti oleh Alphard, Fortuner, dan Innova Reborn. 

Selain kerja sama dengan Setpres, Asperda Kaltim juga menerima banyak pemesanan dari masyarakat umum menjelang HUT RI, dengan total permintaan mencapai 1.000 unit.

Untuk memenuhi kebutuhan kendaraan selama bulan Agustus yang permintaannya sangat tinggi, Asperda Kaltim mendapatkan dukungan dari DPP Asperda Indonesia. 

"Karena itu, pemenuhan kendaraan operasional untuk mobilitas 17 Agustus 2024, insya Allah aman," terang Damun.

Saat ini, dia menyebutkan unit-unit kendaraan sudah dalam perjalanan menuju Kalimantan Timur, didatangkan dari berbagai kota seperti Surabaya, Jakarta, Sidoarjo, Semarang, Solo, Makassar, Bali, dan Palu. 

Seluruh unit yang didatangkan sudah di-booking jauh-jauh hari dengan harga sewa normal sekitar Rp2,5 juta untuk Fortuner, Rp3,5 juta hingga Rp6 juta untuk Hi-Ace, dan Rp7 juta untuk Alphard. 

Namun, harga sewa pada bulan Agustus mengalami lonjakan 100% menjadi sekitar Rp5 juta untuk Fortuner, Rp15 juta untuk Hi-Ace, dan bahkan ada yang mencapai Rp25 juta untuk Alphard.

Damun mengungkapkan bahwa kenaikan harga ini disebabkan oleh biaya pengiriman dari luar kota dan luar pulau yang bisa mencapai Rp13 juta untuk satu unit Hi-Ace. 

"Angka ini hanya untuk Hi-Ace, belum unit jenis lain," ungkapnya. Oleh karena itu, dia menyarankan masyarakat untuk segera melakukan pemesanan sebelum harga mengalami kenaikan lagi yang tidak dapat diprediksi.

Menurut Damun, keberadaan IKN di Kalimantan Timur telah menghidupkan bisnis rental mobil di daerah tersebut. "Kami siap untuk memenuhi kebutuhan IKN," katanya. 

Adapun, dia berharap Damun berharap pemerintah terus melibatkan Asperda Kaltim dalam pengadaan kendaraan agar bisnis rental ini dapat berkelanjutan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper