Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepala Daerah Bakal Dikumpulkan Kembali oleh Jokowi di IKN

Kalimantan Timur kembali menjadi pusat perhatian nasional dengan dijadwalkannya pertemuan seluruh kepala daerah se-Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN).
Suasana senja di Ibu Kota Negara di penghujung Juli 2024./Bisnis - Akbar.
Suasana senja di Ibu Kota Negara di penghujung Juli 2024./Bisnis - Akbar.

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Kalimantan Timur kembali menjadi pusat perhatian nasional dengan dijadwalkannya pertemuan seluruh kepala daerah se-Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Gubernur, bupati, dan walikota akan berkumpul di IKN pada 13 Agustus mendatang, mengikuti arahan dari Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Penjabat (Pj.) Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik menyatakan seluruh kepala daerah diundang langsung oleh Presiden untuk menghadiri pertemuan di Istana Garuda IKN. 

"Para kepala daerah diundang Bapak Presiden di Istana Garuda. Insyaallah akan dilaksanakan pada Selasa, 13 Agustus nanti," ujarnya saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Pertemuan Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia di Ibu Kota Nusantara, Senin (5/8/2024).

Berdasarkan identifikasi yang dilakukan pada 11 hingga 13 Agustus, tersedia 306 hingga 422 kamar hotel dari bintang 2 hingga bintang 5 untuk akomodasi para kepala daerah. 

"Informasi ini akan kita sampaikan ke kantor-kantor penghubung masing-masing daerah untuk bisa menghubungi pihak hotel," terang Akmal.

Akmal menyebutkan, para kepala daerah akan menginap di Balikpapan atau Samarinda sebelum menuju IKN. Kemudian, akan menggunakan bus yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Kaltim dan menginap di Hotel Nusantara.

"Minimal H-1, para gubernur dan bupati wali kota sudah berada di Kaltim dan berkumpul di Balikpapan untuk bersama-sama menuju IKN," tambahnya. 

Pertemuan di Istana Garuda akan berlangsung dalam dua sesi pada hari yang sama. Sesi pertama, pukul 09.00 WITA, akan dihadiri oleh para bupati dan walikota, sementara sesi kedua, pukul 11.00 WITA, dikhususkan untuk para gubernur. 

"Para gubernur, bupati, dan wali kota akan menggunakan pakaian PDH dengan atribut lengkap kepala daerah," sebutnya.

Dia menuturkan usai pertemuan dengan Presiden dan Mendagri, para kepala daerah akan kembali ke daerah masing-masing. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler