Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asa Petani Kaltim Sokong Kebutuhan Hortikultura di IKN Nusantara

Koperasi Taruna Bina Mandiri fokus pada pengembangan berbagai komoditas hortikultura, seperti pisang, semangka, dan nanas.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Koperasi Taruna Bina Mandiri (TBM) di Kalimantan Timur bertekad menjadi pemain lokal yang menyuplai kebutuhan buah di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Dengan dukungan penuh dari anggotanya, koperasi ini fokus pada pengembangan berbagai komoditas hortikultura, seperti pisang, semangka, dan nanas, yang menjadi andalan wilayah tersebut. 

Upaya ini diharapkan dapat mendukung ketahanan pangan serta meningkatkan perekonomian lokal.

Ketua Koperasi Taruna Bina Mandiri, Priyanto, menyatakan bahwa wilayah Kalimantan Timur memiliki potensi yang besar dalam pengembangan hortikultura, terutama dengan adanya sentra produksi yang semakin terintegrasi dengan kebutuhan IKN

"Jantung berdetak lebih kencang (bahwa) bisa dipercaya menjadi tim kerja di acara HUT RI ke 79 di Istana Negara IKN. Sejarah bagi kami,” ujarnya, Senin (12/8/2024).

Langkah ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang koperasi dalam memastikan keberlanjutan usaha anggotanya serta meningkatkan daya saing produk lokal. 

Dengan memanfaatkan teknologi pertanian yang semakin canggih, Koperasi TBM juga berupaya menjaga kualitas produk agar tetap konsisten dan sesuai standar ekspor.

Di sisi lain, Priyanto menekankan pentingnya kolaborasi antara petani dan pihak terkait untuk mengoptimalkan hasil produksi. 

"Semisal dapat kesempatan untuk jadi pusat produksi buah di IKN Nusantara kami sangat bangga dan siap melaksanakan. Persiapan yang sudah dilakukan kami suda ada komitmen dengan (kelompok) petani," terangnya.

Dengan berbagai upaya tersebut, Priyanto menuturkan koperasi TBM berambisi untuk tidak hanya sekadar menjadi pemain lokal, tetapi juga memperluas jangkauannya ke pasar global. 

"Pisang kepok gerecek di ekspor ke Jepang mulai februari lalu," pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper