Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Realisasi Investasi Balikpapan Kuartal III/2024 Tembus Rp16 Triliun

Realisasi investasi di Kota Balikpapan tercatat senilai Rp16 triliun hingga kuartal III/2024 dari target tahunan sebesar Rp20 triliun.
Foto udara proses pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (22/8/2023).  ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Foto udara proses pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (22/8/2023). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Realisasi investasi di Kota Balikpapan tercatat senilai Rp16 triliun hingga kuartal III/2024 dari target tahunan sebesar Rp20 triliun. 

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Balikpapan Hasbullah Helmi menyatakan Balikpapan berhasil mencapai target pada tahun sebelumnya. 

“Tahun lalu kita kan ditarget Rp18 triliun dari Provinsi, tercapai 24 triliun. Kalau berdasarkan renstra cuma Rp3,8 triliun, jadi hampir 600 persen,” ujarnya belum lama ini.

Dia menjelaskan salah satu faktor utama yang mendorong tingginya investasi di Balikpapan adalah keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Investasi banyak di Balikpapan, salah satu faktornya IKN,” jelasnya.

Bidang-bidang yang menjadi penyumbang utama investasi, kata Helmi, meliputi transportasi, perumahan, dan kuliner. 

“Paling banyak transport, perumahan, nomor tiga kuliner, rumah makan,” katanya. 

Tak hanya itu, Helmi menekankan bahwa pelayanan publik yang prima adalah kunci utama dalam menarik investasi. 

“Pelayanan publik yang efisien dan responsif adalah fondasi utama. Kami terus berinovasi dengan digitalisasi dan penyederhanaan proses investasi untuk memudahkan para investor,” terangnya. 

Adapun, dia menuturkan inisiatif ini terbukti efektif dengan dibukanya Mall Pelayanan Publik, yang bertujuan mempercepat perizinan dan administrasi bagi para investor.

“Setiap bulan kurang lebih 2.300 orang kunjungan, di Mall Pelayanan Publik,” pungkasnya. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper