Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kaltim Gandeng Everett Community College untuk Beasiswa

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menggandeng Everett Community College (EvCC) untuk menjalin kerjasama melalui program Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC) dalam sebuah Memorandum of Understanding (MoU).
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara
Kabar24.com, SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menggandeng Everett Community College (EvCC) untuk menjalin kerjasama melalui program Beasiswa Kaltim Cemerlang (BKC) dalam sebuah Memorandum of Understanding (MoU).
 
Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengatakan kerjasama meliputi pengembangan akademis serta pertukaran kebudayaan di bidang pendidikan dan bidang lainnya.
 
"Kalau bisa dipercepat, mengapa harus diperlambat. Kalau bisa dipermudah, mengapa harus dipersulit. Itulah cara kerja saya," ujarnya seperti yang dikutip dari laman Pemprov, Jumat (4/3/2015).
 
MoU atau kesepakatan bersama yang sangat cepat ini karena EvCC pada pagi hari menawarkan kerjasama untuk pengiriman mahasiswa dari Kaltim ke Amerika dan sorenya langsung dibuat kesepakatan bersama.
 
"Ini memang harus dipercepat. Ini adalah kesempatan terbuka bagi putra dan putri Kaltim untuk belajar di Amerika," kata Awang.
 
Kesepakatan bersama itu, lanjutnya, bertujuan memperkuat hubungan dan memperluas wawasan, apresiasi dan saling menghormati budaya masing-masing diantara siswa-siswi dan komunitas pendidikan.
 
Selain itu, untuk meningkatkan perekonomian pendidikan, kebudayaan dan kesadaran sosial bagi siswa-siswi sehingga nantinya lebih siap menerima tantangan global dan mendukung pembangunan Provinsi Kaltim.
 
"Ini merupakan komitmen kita untuk memberikan kesempatan bagi pelajar Kaltim yang tercerdas dan terbaik untuk belajar di Amerika melalui dukungan saling menguntungkan melalui program Beasiswa Kaltim Cemerlang Pemprov Kaltim," tutur Awang.
 
Ada tujuh poin dalam kesepakatan bersama tersebut, diantaraya yakni menciptakan kesempatan dalam bidang pendidikan bagi siswa-siswi Kaltim di Amerika Serikat melalui program EvCC yang tepat bagi setiap pelamar yang disponsori oleh Pemprov Kaltim termasuk melalui program bahasa Inggris, lulusan SMA, diploma dan bantuan transfer S1 ke universitas di Amerika.
 
"Kami sepakat mendukung pencapaian tujuan pendidikan siswa pada ilmu sains, teknik, teknologi informasi, bisnis dan kami juga bersepakat membantu siswa dalam mencari pilihan akomodasi selama kuliah di Amerika Serikat," ucapnya.
 
Selain itu, kesepakatan bersama juga menjalin hubungan yang lebih erat antara Indonesia dan Amerika Serikat melalui pengembangan pertukaran dan pemahaman budaya yang seimbang dan menggali potensi kerjasama.
 
"Dalam pengiriman pelajar ke EvCC itu kita buat kesepakatan syarat penerimaan siswa dengan usia minimum 16 tahun untuk setiap kampus dalam program yang terbuka untuk pelajar internasional dan menerima TOEFL dengan nilai 500 atau lebih dari hasil tes yang diuji oleh universitas di Kaltim," kata Awang.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler