Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banjarmasin Dianggap Belum Seksi Bagi Investor Rumah Susun

Kepala Dinas Cipta Karya dan Perumahan Kota Banjarmasin A Fanani Syaifuddin mengungkapkan, daerahnya sulit mencari investor yang mau membangun rumah susun untuk mengurangi wilayah kumuh.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI
Bisnis.com, BANJARMASIN - Kepala Dinas Cipta Karya dan Perumahan Kota Banjarmasin A Fanani Syaifuddin mengungkapkan, daerahnya sulit mencari investor yang mau membangun rumah susun untuk mengurangi wilayah kumuh.
 
"Sulit mencari investor yang mau membangun rumah susun di daerah kita, mungkin keuntungannya belum menjanjikan pikiran mereka," ujarnya, Rabu (20/7/2016).
 
Sebab, tutur Fanani, membangun rumah susun yang sistem vertikal ini membutuhkan dana yang sangat besar, jauh dibanding membangun pemukiman perumahan sistem deret ini.
 
"Jadi pengembang perumahan di daerah kita ini belum ada yang berani melakukannya, menurut pengakuan mereka."
 
Selain itu, untuk pemasarannya juga dianggap belum memungkinkan ramai, sebab banyak pembangunan perumahan tipe sederhana saat ini, utamanya di daerah pinggiran kota yang harganya lebih terjangkau.
 
Diakuinya, pembangunan pemukiman di daerah ini memang sudah saatnya dilakukan sistem vertikal, sebab lahan yang sudah mulai menyempit bagi lahan hijau.
 
"Kalau tidak direm pembangunan perumahan sistem membuka lahan resapan ini memang imbasnya akan cukup gawat nantinya."
 
Karena itu pemerintah kota akan terus memprogramkan pembangunan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) di daerah-daerah padat penduduk. "Rencananya kedepan ini kita akan bangun Rusunawa di Muara Kelayan, di mana lahannya terus diupayakan pembebasannya."
 
Sebab, pemerintah pusat baru mau membangunkan Rusunawa ini kalau lahannya benar-benar sudah dimiliki Pemkot, sebagaimana yang sudah di daerah Banjarmasin Selatan.
 
Menurut dia, manfaat adanya Rusunawa ini sudah dirasakan betul oleh masyarakat utamanya yang sudah tinggal di tiga Rusunawa di Jalan Pekauman, Gang Ganda Magfirah, Banjarmasin Selatan itu.
 
Diutarakan dia, Pemkot ingin terus mengembangkan Rusunawa ini untuk pemukiman masyarakat kurang mampu. "Pembangunan Rusunawa di Kota Banjarmasin guna menghilangkan kesan padat dan kumuh."
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Yoseph Pencawan
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper