Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astra Daihatsu Motor Klaim Jadi Raja Kedua di Kalimantan

Astra Daihatsu Motor mengklaim berhasil menduduki peringkat ke-2 pada pangsa otomotif di Kalimantan dengan perolehan pangsa sebesar 22% secara year to date.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI
Bisnis.com, BALIKPAPAN - Astra Daihatsu Motor mengklaim berhasil menduduki peringkat ke-2 pada pangsa otomotif di Kalimantan dengan perolehan pangsa sebesar 22% secara year to date.
 
Perolehan itu dikontribusi besar oleh pangsa penjualan di Kalimantan Timur yang mencapai 28,8%.
 
Head Regional Astra Daihatsu Motor Kalimantan Johan Datu mengatakan, beberapa produk yang berkontribusi besar pada perolehan pangsa di Kaltim adalah pikap dengan pangsa sebesar 54,5%, Daihatsu Ayla dengan pangsa sebesar 45%, dan Daihatsu Xenia sebesar 26% pada segmennya masing-masing.
 
"Secara umum, pangsa otomotif di Kalimantan memang turun 14%, di Kaltim malah turun 18%. Tapi kami berhasil meraih peringkat kedua, karena kontribusi besar dari penjualan segmen MPV Lowbonnet, Compact Entry, dan komersil," jelas Johan, Jumat (12/8/2016).
 
Sementara perolehan pangsa Daihatsu di Kota Balikpapan mencapai 27,7%, Samarinda 28%, Banjarmasin 19%, Pontianak 17% dan Palangkaraya 11%. Khusus di Balikpapan, produk laris yang menjadi tumpuan penjualan adalah mobil pikap dan Compact Entry.
 
Dengan kondisi pasar yang demikian, Johan optimistis produk yang hari ini diluncurkannya, Daihatsu Sigra, mampu mengisi pangsa penjualan secara nasional dan regional.
 
Dia bahkan memproyeksikan Sigra akan membentuk segmennya sendiri, yakni LCGC MPV.
 
Untuk tahap awal, Johan menargetkan penjualan Sigra dapat mencapai sekitar 300 unit per bulan di Kalimantan.
 
Dia memprediksi penjualan akan merangkak naik hingga 540 unit. 270 unit diantaranya ditargetkan akan terjual di Kaltim, separuh dari jumlah itu diproyeksikan akan laris terjual di Balikpapan.
 
"Untuk di Balikpapan kami berani jamin unit akan datang dalam 2 minggu setelah pemesanan. Sebelum launching kami sudah promosi, itu pun sudah ada yang membuat SPK. Kalau sudah dilaunching begini pasti akan semakin terekspos kehadiran produk terbaru kami."
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Yoseph Pencawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper