Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Balikpapan Berbondong-Bondong Mulai Datangi Kelurahan

Sejak pelayanan pendaftaran disediakan di kantor-kantor kelurahan di Kota Balikpapan, BPJS Kesehatan menerima respon positif dari masyarakat, utamanya di wilayah Balikpapan Timur.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Sejak pelayanan pendaftaran disediakan di kantor-kantor kelurahan di Kota Balikpapan, BPJS Kesehatan menerima respon positif dari masyarakat, utamanya di wilayah Balikpapan Timur.

Tercatat hampir setiap pekan ada 100 kepala keluarga di Kecamatan Balikpapan Timur yang mengajukan pendaftaran di kantor kelurahannya.

"Yang banyak itu di Balikpapan Timur. Jadi satu minggu itu bisa 100 KK per satu kelurahan. Kalau rata-rata dalam satu keluarga ada empat jiwa kan banyak sekali," tutur Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Balikpapan Sari Wahyu, Rabu (19/10/2016).

Dia mengatakan, kerja sama antara Pemkot Balikpapan dengan BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan memang bertujuan untuk mendekatkan pelayanan pendaftaran kepada masyarakat. Sebab lokasi kantor BPJS Kesehatan tak mudah dijangkau oleh seluruh warga kota.

Saat ini ada sembilan kelurahan yang melayani pendaftaran BPJS Kesehatan. Menurutnya, belum ada rencana perluasan area pelayanan serupa. Untuk menambah luasan pelayanan, pihaknya harus berkoordinasi dengan pemerintah kota terlebih dahulu.

Pelayanan pendaftaran di kantor-kantor kelurahan ini bahkan baru berjalan di Kota Balikpapan meskipun area kerja BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan meliputi Kabupaten Penajam Paser Utara, Paser, dan Berau.

"Baru MOU dengan Pemkot Balikpapan, sisanya belum. Kami harap dengan pendekatan layanan ini, target universal coverage pada 2019 bisa tercapai," tukas Sari.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Yoseph Pencawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper