Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PDAM Intan Banjar Butuh Air Baku, Pemprov Kalsel Diminta Operasikan SPAM

Pemerintah Kabupaten Banjar dan Pemerintah Kota Banjarbaru mengajukan permintaan kepada Pemerintah Kalimantan Selatan terkait dengan kinerja PDAM Intan Banjar.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, BANJARBARU - Pemerintah Kabupaten Banjar dan Pemerintah Kota Banjarbaru mengajukan permintaan kepada Pemerintah Kalimantan Selatan terkait dengan kinerja PDAM Intan Banjar.

Bupati Banjar Khalilurrahman dan Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani meminta Pemprov Kalsel mengoperasikan Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) Banjar Bakula.

"Kami minta Pemprov mengoperasikan SPAM Banjar Bakula sehingga pelayanan air bersih PDAM Intan Banjar tidak lagi terkendala air baku," ujar Bupati Banjar, Rabu (18/1/2017).

Hal itu disampaikan pada peresmian gedung baru PDAM Intan Banjar Jalan Pangeran Hidayatullah Kota Banjarbaru yang menghabiskan dana sebesar Rp18 miliar.

Menurut Bupati, PDAM Intan Banjar yang dikelola bersama Pemkab Banjar dan Pemkot Banjarbaru memerlukan air baku secara kontinyu dan tidak terputus jika terjadi hambatan.

Selama ini air baku yang diolah melalui Instalasi Pengolahan Air (IPA) II Pinus berasal dari air irigasi Riam Kanan sehingga jika ada pembersihan maka kekurangan air baku.

"Jika air baku dari SPAM Banjar Bakula sudah beroperasi, maka produksi maupun distribusi dari IPA II Pinus tidak akan lagi terkendala karena air bakunya tersedia setiap saat."

Wali Kota Nadjmi Adhani meminta Pemprov Kalsel sebagai pengelola SPAM bisa mengoperasikannya sehingga PDAM Intan Banjar semakin baik.

Apalagi jaringan perpipaan SPAM Banjar Bakula yang mengambil air baku langsung dari Sungai Mandi Kapau sepanjang 17 kilometer sudah terpasang dan bisa dioperasikan.

"Makanya kami minta SPAM Banjar Bakula dioperasikan karena jaringan pipa sudah tersedia sehingga bisa koneksi IPA II Pinus yang mampu mengolah air baku secara langsung."

Asisten I Setdaprov Kalsel Siswansyah berjanji akan menyampaikan keinginan dua kepala daerah itu kepada Gubernur.

"Kami akan menyampaikan keinginan dan harapan Bupati maupun Wali Kota sehingga PDAM Intan Banjar tidak lagi kesulitan air baku."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Yoseph Pencawan
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper