Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kukar Targetkan Kunjungan 2,1 Juta Wisatawan pada 2017

Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara menargetkan kunjungan wisata sebanyak 2,1 juta wisatawan sepanjang 2017, angka target tersebut naik dari realisasi kunjungan wisata selama setahun silam.
Jembatan Kutai Kartanegara/skyscrapercity.com
Jembatan Kutai Kartanegara/skyscrapercity.com

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara menargetkan kunjungan wisata sebanyak 2,1 juta wisatawan sepanjang 2017, angka target tersebut naik dari realisasi kunjungan wisata selama setahun silam.

Pada 2016, realisasi kunjungan wisata Kukar mencapai 1,9 juta wisatawan, yang terdiri dari sekitar 5.000 wisatawan mancanegara, dan sisanya berasal dari dalam negeri.

Kepala Dinas Pariwisata Kukar Sri Wahyuni optimistis target tersebut dapat tercapai, mengingat destinasi wisata di daerah tersebut tergolong menarik dan beragam, mulai dari budaya, sejarah, alam, dan objek wisata buatan.

"Kukar punya wisata sejarah, wisata pendidikan, wisata buatan. Kalau wisata sejarah, ada museum mulawarman yang didalamnya ada benda-benda milik kerajaan, ada makam raja-raja," jelasnya Minggu, (6/8/2017).

Selain itu, terdapat Kedaton Kutai yang bisa dikunjungi. Sedangkan untuk wisata pendidikan, Kukar memiliki Planetarium yang memiliki ruang theater. Untuk wisata alam, terdapat air terjun, dan Bukit Bangkirai yang memiliki canopy bridge.

Dinas Pariwisata pun rutin menggelar event dan mempromosikannya ke luar daerah. Dalam setahun, ada beberapa festival budaya skala internasional yang digelar di Tenggarong, ibukota Kukar.

Dua festival besar diantaranya adalah Erau yang belum lama ini berlangsung selama beberapa hari, dan Festival Seni Lanjong yang akan dihelat pada pertengahan Agustus.

"Promosi melalui media sosial, dan langsung ke luar daerah. Meskipun anggatan promosi wisata hanya Rp100 juta, kami tetap upayakan semaksimal mungkin dengan menggandeng berbagai pihak," tutup Sri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper