Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelanggan 2G Telkomsel di Kalimantan Masih Mendominasi

Tiga tahun sejak penetrasi jaringan 4G dipacu di area Kalimantan pada akhir tahun 2015 lalu, hingga kini jumlah pelanggan yang masih menggunakan feature phone berbasis jaringan 2G masih mendominasi.
Sophia Andayani
Sophia Andayani - Bisnis.com 23 November 2018  |  19:24 WIB
General Manager (GM) Sales Regional Kalimantan Mulya Budiman didampingi GM ICT Operation Regional Kalimantan Rahmad Putra Jaya memberi keterangan perihal Telkomsel kepada wartawan di Balikpapan, Jumat (23/11). JIBI - BISNIS/Sophia Andayani
General Manager (GM) Sales Regional Kalimantan Mulya Budiman didampingi GM ICT Operation Regional Kalimantan Rahmad Putra Jaya memberi keterangan perihal Telkomsel kepada wartawan di Balikpapan, Jumat (23/11). JIBI - BISNIS/Sophia Andayani

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Tiga tahun sejak penetrasi jaringan 4G dipacu di area Kalimantan pada akhir tahun 2015 lalu, hingga kini jumlah pelanggan yang masih menggunakan feature phone berbasis jaringan 2G masih mendominasi.

General Manager (GM) Sales Regional Kalimantan, Mulya Budiman didampingi GM ICT Operation Regional Kalimantan Rahmad Putra Jaya mengatakan dipenghujung tahun ini pengguna 2G di Kalimantan mencapai 5,1 juta. Sedangkan pelanggan yang menggunakan headset 4G baru 3,6 juta. Adapun pelanggan yang menggunakan smartphone 3G sebanyak 1,5 juta.

"Sekitar 47% pelanggan Telkomsel di Kalimantan masih (menggunakan) handset 2G,” katanya disela kegiatan Ngobrol Pagi (Ngopi) bersama awak media di Balikpapan, Jumat (23/11/2018).

Diakui terdapat beberapa faktor yang menjadi alasan tingginya angka tersebut, diantaranya adalah mendapatkan device dengan harga yang murah untuk menunjang perangkat 4G. Sementara itu, jaringan di daerah masih banyak yang 2G, karena dalam menyediakan infrastruktur melibatkan banyak pihak, dibutuhkan komitmen stakeholder lainnya apalagi geografis Kalimantan cukup luas.

Kendati demikian, pihaknya terus berkomitmen untuk meningkatkan populasi base transceiver station (BTS) 4G.

Rahmad  menambahkan Balikpapan, sebagai kota pertama di Kalimantan yang dijangkau jaringan 4G, juga mencatat hal serupa. Pelanggan pengguna handphone 2G sebanyak 400 ribu. Jumlah itu lebih tinggi dari pelanggan yang memakai smartphone 4G yakni 330 ribu sedangkan smartphone dengan frekuensi 3G sebanyak 100 ribu pelanggan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel kalimantan
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top