Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekapitulasi Hasil Pemilu 2019, PAN Mendominasi Banjarmasin

Partai Amanat Nasional meraih suara terbanyak pada pemilu 2019 berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat Kota Banjarmasin.
Bendera Partai Amanat Nasional/Bisnis.doc
Bendera Partai Amanat Nasional/Bisnis.doc

Bisnis.com, BANJARMASIN- Partai Amanat Nasional meraih suara terbanyak pada pemilu 2019 berdasarkan hasil rekapitulasi tingkat Kota Banjarmasin.

Demikian hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara tingkat Kota Banjarmasin.

Dari hasil paparan Formulir DA1, yakni kertas hasil rekapitulasi suara di level kecamatan, Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi jawara pada Pemilu 2019 di Kota Banjarmasin. Partai besutan Zulkifli Hasan selaku Ketua Umum itu memperoleh total suara 59.984 atau 17,78 persen.

PAN mendominasi seluruh kecamatan, yakni Banjarmasin Tengah 9.230 suara, Banjarmasin Utara 13.684 suara, Banjarmasin Timur 8.505 suara, Banjarmasin Selatan 18.300 suara dan Banjarmasin Barat 10.265 suara, sehingga perolehan 9 kursi di DPRD Kota Banjarmasin.

"Total suara masuk 337.283 dari lima kecamatan yang mengantarkan 45 caleg menduduki kursi legislatif," ungkap Ketua KPU kota Banjarmasin Gusti Makmur.

Di sisi lain, dari pantauan Antara pada data sementara hasil hitung suara pemilu presiden dan wakil presiden secara nasional dalam sistem informasi penghitungan suara (situng) KPU untuk Kota Banjarmasin tanggal 4 Mei 2019 pukul 19:15:04, total suara masuk 61,8 persen.

Capres Jokowi-Maruf Amin memperoleh 79.786 suara, sementara Prabowo-Sandiaga Uno 141.907 suara.

Selanjutnya hasil penghitungan suara di tingkat provinsi dijadwalkan selesai antara 22 April-12 Mei dan terakhir suara hasil pemilu secara nasional diumumkan tanggal 22 Mei 2019.

Rapat pleno yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat pada Sabtu (4/5) siang berjalan lancar dan kondusif.

Puluhan personel Polri dari Polresta Banjarmasin dan prajurit TNI dari Kodim 1007/Banjarmasin nampak berjaga di area luar Hotel G'Sign Banjarmasin yang jadi tempat berlangsungnya acara.

"Kami berterima kasih kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang telah merampungkan semua
perhitungan perolehan suara sehingga hari ini bisa ditetapkan secara resmi untuk tingkat kota," terang Ketua KPU kota Banjarmasin Gusti Makmur.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada TNI dan Polri yang telah memberikan pengamanan maksimal. Bahkan, Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sumarto dan Dandim 1007/Banjarmasin Letkol Inf Nopid Arif nampak berada di lokasi memimpin jajarannya berjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler