Gubernur Kaltara Optimistis Ekonomi Tumbuh 7,52 Persen

Pemprov Kalimantan Utara optimistis pertumbuhan ekonomi pada kuartal II/2019 mencapai 7,52 persen  karena mulai berjalannya sejumlah proyek pembangunan utama di provinsi itu.
Yanuarius Viodeogo
Yanuarius Viodeogo - Bisnis.com 15 Juni 2019  |  22:26 WIB
Gubernur Kaltara Optimistis Ekonomi Tumbuh 7,52 Persen
Gubernur Kaltara Irianto Lambrie - BisnisEldwin Sangga

Bisnis.com, JAKARTA - Pemprov Kalimantan Utara optimistis pertumbuhan ekonomi pada kuartal II/2019 mencapai 7,52 persen  karena mulai berjalannya sejumlah proyek pembangunan utama di provinsi itu.

Gubernur Kaltara Irianto Lambrie mengatakan, sejumlah proyek seperti gedung rumah sakit Pertamina di Tarakan dan pabrik industri minyak kelapa sawit di Kabupaten Malinau dan Nunukan.

"Realisasi proyek gedung akan menopang kenaikan kinerja lapangan usaha konstruksi. Kemudian, masuknya periode evaluasi belanja pemerintah secara nasional dan daerah, ada juga naiknya konsumsi rumah tangga jelang hari raya idul fitri 2019," kata Irianto dari siaran pers Pemprov dikutip Bisnis, Sabtu (15/6/2019).

Faktor pendorong lainnya, kata Irianto, kondisi cuaca yang membaik pada kuartal ini berdampak pada peningkatan jumlah produksi batu bara karena adanya permintaan dari India.

Dia juga mengatakan, ada pengaruh kebijakan pengurangan kuota impor batu bara oleh China sejak akhir 2018 lalu dan perlambatan ekonomi negara itu karena menurunnya konsumsi domestik dan perang dagang. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kaltara

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top