IBU KOTA NEGARA : Kalimantan Timur Sodorkan 2 Lokasi Ini

Dua lokasi yang dipersiapkan menjadi lokasi ibu kota negara berdekatan dengan Kota Balikpapan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 31 Juli 2019  |  09:02 WIB
IBU KOTA NEGARA : Kalimantan Timur Sodorkan 2 Lokasi Ini
Infografis Bisnis dotcom/Eko

Bisnis.com, SAMARINDA — Provinsi Kalimantan Timur menyodorkan dua lokasi sebagai calon ibu kota negara yakni kawasan taman hutan raya Bukit Soeharto di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kelurahan Sotek di Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Dibanding lokasi lainnya di Kalimantan, Kaltim mungkin memiliki potensi besar baik dari sisi geografis dan sumber daya yang dimiliki di samping kelengkapan infrastruktur yang telah tersedia," kata Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi dikutip dari Antara, Rabu (31/7/2019).

Dua lokasi yang dipersiapkan menjadi lokasi ibu kota negara berdekatan dengan Kota Balikpapan yang infrastrukturnya cukup lengkap.

"Kita tentunya tidak akan melakukan upaya-upaya lobi agar dipilih menjadi lokasi ibu kota negara karena semuanya melalui perhitungan matang dan menjadi hak pemerintah pusat," kata Wakil Gubernur.

Jadi mengatakan bahwa Pemprov Kaltim menunggu keputusan pemerintah pusat mengenai rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan.

Wakil Gubernur mengatakan bahwa penetapan lokasi ibu kota negara yang baru membutuhkan kehati-hatian dan harus dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek.

Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie mengklaim Kalimantan, khususnya Kalimantan Timur, merupakan wilayah yang tepat untuk memindahkan ibu kota negara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kaltim, kalteng, Ibu Kota Dipindah

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top