Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kubu Raya Susun Rencana Induk Menuju Kota Cerdas

Sebagai langkah awal diperlukan fondasi berkaitan dengan hamparan fiber optik yang akan disebar di 27 organisasi perangkat desa.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 13 Agustus 2019  |  07:40 WIB
Seorang pengendara motor melintasi perumahan Residence Borneo Khatulistiwa yang diselimuti kabut asap di Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Sabtu (18/8). - ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang
Seorang pengendara motor melintasi perumahan Residence Borneo Khatulistiwa yang diselimuti kabut asap di Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalbar, Sabtu (18/8). - ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang

Bisnis.com, PONTIANAK — Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat menyusun masterplan atau rencana induk teknologi informasi dan komunikasi sebagai upaya mewujudkan kota cerdas menuju pemerintahan elektronik.

"Dengan penerapan smart city ini, nantinya infrastruktur jaringan telekomunikasi yang menghubungkan setiap kantor pemerintah di setiap organisasi perangkat daerah, kantor kecamatan, hingga kantor kelurahan/desa, termasuk institusi publik yang terkait," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kubu Raya, TH. C. Leydianto dikutip Antara, Selasa (13/8/2019).

Dia mengatakan bahwa konsep kota cerdas ini merupakan merupakan upaya untuk mewujudkan visi dan misi Bupati Kubu Raya untuk 5 tahun.

"Saat ini kami sudah mempunyai dasar setiap provider yang ingin mendirikan menara dan kami juga sudah memiliki masterplan sehingga ke depannya untuk memperkuat semua ini harus memiliki peraturan bupati," tuturnya.

Leydianto menuturkan bahwa dalam menyikapi revolusi, globalisasi digital ini memang setiap pemda suka tidak suka, mau tidak mau harus siap untuk menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik ini sehingga hal ini tidak ada tawar menawar.

Dia menuturkan bahwa sebagai langkah awal dalam mempersiapkan semua ini tentunya fondasinya dulu yang diperlukan berkaitan dengan hamparan fiber optik yang akan disebar di 27 organisasi perangkat desa.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kalbar smart city

Sumber : Antara

Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top