Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Isran Minta Pemerintah Terbitkan Payung Hukum untuk Wilayah Pertanahan Ibu Kota

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur segera menerbitkan payung hukum yang mengatur jual beli lahan di sekitar lokasi ibu kota negara guna menghindari adanya spekulan tanah.
Gubernur Kaltim Isran Noor/
Gubernur Kaltim Isran Noor/

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur segera menerbitkan payung hukum yang mengatur jual beli lahan di sekitar lokasi ibu kota negara guna menghindari adanya spekulan tanah.

Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor mengatakan kehadiran spekulan tak mungkin dapat dihindari usai pengumuman presiden mengenai pemindahan ibu kota negara ke wilayahnya.

Namun, aksi spekulan tersebut dapat dihentikan dengan menjadikan kawasan di sekitar lokasi ibu kota negara sebagai kawasan nonkomersial.

“Jadi, mereka jadi tak berkutik para tuan takur. Kalau mau jual juga tidak bisa,” tuturnya dalam Talkshow Rancang Bangun dan Kesiapan Kaltim sebagai Ibukota negara di Novotel, Selasa, (1/10/2019) lalu. 

Langkah selanjutnya adalah melakukan sosialisasi, revisi tata ruang dan kemudian berbicara dengan pihak Badan Pertanahan Negara (BTN) dan Agraria untuk segera menerbitkan payung hukum terkait dengan wilayah pembangunan.

“Jika tidak ada payung hukum yang jelas pemerintah akan merugi karena itu tanah pemerintah yang diperjual belikan. Harapannya perlu ada pemisahan dalam penataan kawasan, mana yang termasuk kawasan komersial dan non komersial,” tegas Isran. 

Sebagai tuan rumah dalam kegiatan ini, Isran menyampaikan seluruh warga Kaltim menerima dengan gembira keputusan presiden Joko Widodo tersebut.

Menurutnya merupakan tugas dan tanggung jawab Kaltim untuk berkontribusi kepada negara, mengingat dalam kurun waktu tiga tahun terakhir Kaltim mencatat pertumbuhan ekonomi di level yang sangat rendah. 

“Kaltim tidak mendapatkan keistimewaan dalam porsi lebih, tidak ada. Saya katakana tidak ada karena masyarakat penduduk asli disini sudah lama tersingkir. Masyarakat Dayak, Kutai, Banjar sudah dari dulu tersingkir oleh para pendatang, dan mereka memang tidak pernah memberikan komentar tentang ini,” papar Isran. 

Kendati demikian, ia menambahkan meskipun tidak berharap banyak mengenai keuntungan secara ekonomi, pihaknya berharap dampak tidak langsung dari proses pembangunan di ibukota juga memberikan manfaat tidak hanya kepada warga Kaltim, tapi juga beberapa kawasan yang berdekatan dengan Kaltim, seperti Jawa dan Sulawesi. 

"Bagaimanapun kita daerah yang mendapatkan kesempatan pasti dapat keuntungan dari segi kegembiaraan kebanggan. Keuntungan lainnya menyusul kalau di daerah pasti terlibat,” pungkasnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sophia Andayani
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper