Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo III Kucurkan Modal Bergulir ke UMKM Lokal

Komitmen PT Pelindo III Cabang Banjarmasin dalam membantu pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Banua dibuktikan.
 PT Pelindo III dan Pemko Banjarmasin saat menyerahkan modal bergulir kepada salah satu UMKM di Banjarmasin/Arief Rahman
PT Pelindo III dan Pemko Banjarmasin saat menyerahkan modal bergulir kepada salah satu UMKM di Banjarmasin/Arief Rahman

Bisnis.com, BANJARMASIN- Komitmen PT Pelindo III Cabang Banjarmasin dalam membantu pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Banua dibuktikan.

Perusahaan plat merah tersebut kembali menyalurkan bantuan modal usaha bergulir kepada 33 UMKM pada kegiatan Penyaluran Dana Program Kemitraan Tahap II Tahun 2019, Rabu (23/10/2019) di Aula Kantor PT Pelindo III Cabang Banjarmasin.

CEO PT Pelindo III Cabang Banjarmasin Boy Robianto mengatakan, untuk penyaluran Dana Program kemitraan dengan jumlah 33 UMKM, total modal usaha bergulir yang diberikan mencapai Rp2.115.000.000.

“Modal usaha bergulir diharapkan dapat membantu UMKM mengembangkan usahanya. Ada pun bunga yang kita bebankan sangat murah, yakni hanya sebesar 3 persen pertahun,” tegasnya.

Setiap tahunnya Pelindo III secara rutin mengelurkan dana sekitar 4 – 4,5 Miliar untuk membantu UMKM dalam mendapatkan modal bergulir. Bahkan sejak Tahun 2004 lalu PT Pelindo III mengklaim sudah mengeluarkan hingga Rp27 Miliar dana untuk Program Mitra Binaan.

“Ada ratusan UMKM di Banua yang sudah dibantu modal usahanya. Bahkan berkat bantuan tersebut mereka banyak yang sukses mengembangkan usahanya,” tambahnya.

Ia pun dalam kesempatan ini mempersilahkan bagi UMKM di Banua yang ingin menjadi Mitra Binaan PT Pelindo III. Asal sudah memiliki usaha, mengisi proposal hingga memiliki jaminan, maka punya kesempatan mendapatkan bantuan modal usaha bergulir dari PT Pelindo III.

“Silahkan datang ke kantor kami untuk bertanya terkait program Mitra Binaan. Kami sangat membuka kesempatan yang sebesar-besarnya bagi UMKM di Banua yang berminat mengembangkan usahanya bersama PT Pelindo III,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengapresiasi upaya PT Pelindo III Cabang Banjarmasin membantu pengembangan UMKM di Banua melalui bantuan modal usaha dengan bunga ringan.

Langkah ini sesuai dengan upaya Pemko Banjarmasin yang gencar menciptakan banyak wirausaha di Kota Banjarmasin, agar dapat mengembangkan sektor ekonomi mikro dan pariwisatanya.

“Bahkan saya harapkan perusahaan swasta lainnya juga yang melakukan hal serupa. Hal ini agar geliat kewirausahaan di Kota Banjarmasin menjadi lebih meningkat lagi,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arief Rahman
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper