Pupuk Kaltim Raih Rating Platinum Dalam Ajang ASRRAT 2019

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) meraih penghargaan Platinum dalam ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2019 yang diselenggarakan oleh The National Center for Sustainability Reporting (NCSR) bekerjasama dengan Institute of Certified Sustainability Practitioner (ICSP).
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 25 November 2019  |  10:09 WIB
Pupuk Kaltim Raih Rating Platinum Dalam Ajang ASRRAT 2019
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Bambang Brodjonegoro (empat kiri) memberikan penghargaan Platinum dalam ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2019 kepada Pupuk Kaltim yang diterima oleh Direktur Komersil Pupuk Kaltim Gatoet Gembiro Noegroho (dua kanan). - JIBI/Istimewa

Bisnis.com, BALI—PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) meraih penghargaan Platinum dalam ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2019 yang diselenggarakan oleh The National Center for Sustainability Reporting (NCSR) bekerjasama dengan Institute of Certified Sustainability Practitioner (ICSP).

Penghargaan diserahkan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Bambang Brodjonegoro dan diterima oleh Direktur Komersil Pupuk Kaltim Gatoet Gembiro Noegroho.

Menurut Gatoet, penghargaan ini merupakan bentuk kesungguhan Pupuk Kaltim sebagai produsen pupuk selain berperan mendukung kedaulatan pangan nasional. “Rating Platinum ini adalah yang kedua kalinya setelah tahun lalu kami juga menerima rating Platinum di Lampung. Melalui rating ini, Pupuk Kaltim menunjukkan bahwa perusahaan berkontribusi pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs),” katanya usai menerima penghargaan tersebut, Sabtu (23/11/2019).

Kontribusi Pupuk Kaltim dalam mencapai tujuan SDGs dituangkan dalam sustainability report (Laporan Berkelanjutan) yang diterbitkan setiap tahun di mana pada 2018 SR Pupuk Kaltim berjudul Meningkatkan Nilai dengan Inovasi Berkelanjutan.

“Kami menjalankan kegiatan bisnis yang bertanggungjawab dengan memperhatikan aspek lingkungan, sosial ekonomi dan pemberdayaan masyarakat, serta memperhatikan faktor-faktor keberlanjutan usaha,” tuturnya.

Komitmen Pupuk Kaltim dalam pengembangan berkelanjutan juga direalisasikan melalui pengelolaan lingkungan yang baik dibuktikan dengan diraihnya Proper Nasional peringkat Emas pada 2017 dan 2018 dan menjadi perusahaan industri pupuk pertama di Indonesia yang meraih peringkat Emas. Selain itu, Pupuk Kaltim juga menerapkan kebijakan hemat energi, serta pelaksanaan program CSR dan Creating Shared Value (CSV), yang meraih penghargaan Asia Responsible Entreprise Awards (AREA) 2019 di Taiwan.

ASRRAT merupakan ajang apresiasi tahunan yang diberikan kepada perusahaan yang berkomitmen dalam melaksanakan dan mengembangkan pilar lingkungan, sosial, dan ekonomi melalui laporan berkelanjutan. Melalui laporan berkelanjutan, dapat dilihat kontribusi perusahaan atau organisasi dalam mencapai SDGs. Untuk itu, sebagai pengakuan dan penghargaan kepada perusahaan yang telah membuat laporan keberlanjutan, NCSR menyelenggarakan ASRRAT dengan tujuan untuk memotivasi dan mempercepat keberlanjutan pelaporan perusahaan dengan menghargai upaya luar biasa untuk mengkomunikasikan kinerja perusahaan dalam tiga aspek (ekonomi, sosial dan lingkungan).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pupuk kaltim

Editor : Media Digital
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top