Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cakupan Pelanggan Air Bersih di Balikpapan Belum Maksimal

PDAM Tirta Manggar Balikpapan belum bisa mencapai target cakupan pelanggan pada akhir tahun ini sebanyak 79,8%.
Petugas mengecek kolam penampungan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)/ANTARA-Zabur Karuru
Petugas mengecek kolam penampungan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)/ANTARA-Zabur Karuru

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Manggar Balikpapan belum bisa mencapai target cakupan pelanggan pada akhir tahun ini sebanyak 79,8%.

Direktur Utama PDAM Balikpapan, Haidir Effendi mengatakan hal tersebut lantaran operasional Waduk Teritip yang mengalami kemunduran. Secara riil, sambungan baru yang ditargetkan tahun ini sebesar 3.600 pelanggan, dan hingga kini perusahaan baru mencapai 2.900 pelanggan.

Sementara tahun lalu, cakupan layanan baru mencapai 76,52% dari 781.349 penduduk.

“Ketika (Waduk) Teritip terlambat beroperasi, semuanya ikut terdampak,” katanya Karena keberadaan proyek itu, PDAM pede mematok target cakupan pelayanan sampai 79,8 persen dari jumlah penduduk.

Saat ini, ungkap dia laju pertambahan penduduk belum sejalan dengan pertambahan penyediaan air baku tak seimbang. Idealnya, untuk memenuhi total penduduk PDAM harus memproduksi 2.000 liter perdetik.

Namun, perusahaan daerah itu baru menghasilkan 1.300 liter perdetik. Dengan demikian masih ada gap sebesar 700 liter per detik.

Haidir pun mengharapkan kedepannya penambahan pelanggan harus dibarengi peningkatan kualitas yang dapat mengurangi gangguan aliran.

Adapun, saat ini failitas Water Treatment Plant (WTP) Waduk Teritip masih dalam tahap uji coba. PDAM juga sedang mengerjakan pipa distribusi ke pelanggan.

Waduk Teritip memiliki kapasitas 200 liter perdetik atau 2,43 meter kubik dan diharapkan dapat menyediakan pasokan air baku sebesar 0,25 meter kubik perdetik.

Namun, saat ini baru bisa mengoperasikan 80 liter perdetik karena pipa dalam pengerjaan. Adapun dari 2.900 pelanggan baru yang terealisasi diantaranya 1.500 pelanggan baru di kawasan Balikpapan Timur.

Dengan target sambungan baru tersebut maka cakupan layanan air bersih untuk warga Balikpapan ditargetkan sampai akhir tahun mencapai 79,8 persen atau masih dibawah 80 persen.

Selama ini penyediaan air baku untuk masyarakat Balikpapan, dicukupi dari Waduk Manggar dengan kapasitas produksi 900 liter perdetik, dan 21 sumur yang tersebar di wilayah Balikpapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper