Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masyarakat Luar Tidak Tertarik jadi PNS di Balikpapan

Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar calon pegawai negeri sipil tahun anggaran 2019 bakal berlangsung serentak di seluruh Indonesia dalam rentan waktu 27 Januari-28 Februari.

Bisnis.com, JAKARTA — Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar calon pegawai negeri sipil tahun anggaran 2019 bakal berlangsung serentak di seluruh Indonesia dalam rentan waktu 27 Januari-28 Februari.

Masing-masing daerah akan melaksanakan tes sesuai jadwal yang diberikan pemerintah pusat.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Balikpapan, Robi Ruswanto mengatakan bahwa jadwal pelaksanaan tes akan dibahas pada Kamis (23/1/2020). Setelah itu, baru akan diumumkan melalui media massa dan situs resmi.

“Karena kan perlu waktu bagi peserta. Kita akan sampaikan terutama pada pelamar-pelamar dari luar daerah. Kan perlu persiapan. Kalau sudah ada jadwalnya, kita umumkan pada CPNS yang lulus administrasi,” katanya saat ditemui di ruangannya, Senin (20/1/2020).

Robi menjelaskan bahwa Balikpapan akan menggelar tes selama 8 hari. Setiap hari akan ada 800 pelamar yang melaksanakan ujian.

Pelamar CPNS Balikpapan tercatat ada 7.814 orang. Mereka didominasi oleh perempuan dengan jumlah 5.349 dan laki-laki 2.465 dan memperebutkan 250 posisi.

Dari seluruh pendaftar, 4.984 adalah warga Balikpapan. Sebanyak 2.830 non-Balikpapan. Ada pula pelamar dari luar Kalimantan, akan tetapi tidak banyak.

Meski Balikpapan bakal menjadi penyangga utama ibu kota negara baru, Robi menuturkan bahwa tidak membuat banyak masyarakat yang berduyun-duyun datang.

Mereka yang dari luar Balikpapan memang sejak awal tertarik karena kebutuhan dan memenuhi syarat pendaftaran. 

“Pak Jokowi juga bilang mau boyong PNS langsung dari Jakarta. Jadi tidak ada pengaruh yang besar. Ini memang mereka mau betul-betul daftar di Balikpapan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper